Mengatasi Harddisk Tidak Bisa di Mount di Ubuntu Dual Boot Windows 8

Ketika kita menggunakan Ubuntu yang di dual boot dengan Windows 8, kita pasti akan mengalami harddisk atau partisi kita yang merupakan partisi dengan format NTFS tidak bisa dibuka dari Linux.

Ketika kita mencoba membukanya melalui File Explorer Nautilus di Ubuntu, maka kita akan mendapatkan error Unable to access β€œpartisi”, dan dibawahnya ada deskripsi error mountint /dev/sda/ dan seterusnya.

Mengatasi Harddisk Tidak Bisa di Mount di Ubuntu Dual Boot Windows 8

Dari error tersebut dikatakan bahwa: The NTFS partition is in an unsafe state dan kita diminta untuk melakukan resume Windows kemudian melakukan shutdown. Anehnya, kita merasa bahwa Windows dalam kondisi shutdown ketika digunakan sebelumnya.

Ya, hal ini terjadi karena pada Windows 8 terdapat fitur baru yang bernama Fast Startup. Fitur ini memungkinkan Windows untuk tidak sepenuhnya Shutdown ketika kita menekan tombol Shutdown. Jadi dapat dibilang Windows akan setengah hibernate setengah shutdown hehe. Hal inilah yang menyebabkan Windows 8 terasa cepat saat booting.

mengatasi harddisk tidak bisa di mount Ubuntu dual boot windows 8
Error saat partisi tidak bisa di mount

Nah, kembali ke harddisk atau partisi yang tidak bisa di mount tadi, karena ketika di Windows harddisk statusnya adalah hibernate, maka di Linux pun normalnya tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya adalah kita harus menonaktifkan fitur fast startup tersebut. Atau jika tidak ingin menonaktifkannya berarti ketika shutdown, kita harus membuat harddisk dalam kondisi mati juga.

Untuk melakukannya tidak susah. Kita cukup menggunakan command prompt dan melakukan shutdown dari CMD tersebut.
Perintah yang kita berikan adalah:

shutdown /s /t 0

Setelah menekan enter, maka Windows akan shutdown secara seutuhnya… weleh. Setelah itu cobalah untuk membuka partisi yang tadinya tidak bisa dibuka ketika Windows shutdown secara biasa. Pasti partisi dapat dibuka dengan baik.

Sekian tutorial untuk mengatasi harddisk yang tidak bisa di mount di Ubuntu dual boot Windows 8.

Semoga bermanfaat.

6 Comments


    1. bagus Ubuntu, Linux Mint turunannya Ubuntu, dan security di Linux Mint sengaja tidak diupdate (klo ga salah ingat) makanya itu lebih baik Ubuntu saja

      Reply

    2. Wah saya pakai linux mint 16 diinstall pakai wubi dual boot dengan windows 8.1

      Saya pernah coba pakai Ubuntu 9, tapi kok tidak bisa membuka file multimedia ya? seperti musik mp3 dan video.
      Berbeda dengan linux mint yang langsung bisa membuka file multimedia

      Di linux mint ada juga ada kok notifikasi update di taskbar. Memang Update Security itu untuk apa ya? bukankah tidak ada Virus di Linux?

      Reply

      1. karena Ubuntu menjaga hak paten dan copyright dari software tertentu.
        mp3 itu kan masuknya ke restricted format (non-free) jadi ga bisa dimasukin, tapi tetep bisa diinstall

        security bukan hanya untuk virus lho, bisa celah2 tertentu yang memungkinkan orang mengambil hak akses root dsb.
        di Linux bukan ga ada virus, tapi memang setiap program yang dijalankan harus dieksekusi dulu, dan punya hak aksesnya masing2, jadi virus ga bisa masuk

        trus buat apa juga orang buat virus di Linux, toh Linux gratis, jadi ga ada untungnya kan… cmiiw ya πŸ˜€

        Reply

  1. Saya sudah mencoba ubuntu 14, ternyata tampilannya lumayan bagus. Saat instalasi, aku aktifkan koneksi internet, jadi langsung bisa deh membuka file Mp3 dan video πŸ™‚ . Belum lagi setelah install ada notifikasi update, setelah aku update, aplikasi seperti mozilla firefox dan beberapa aplikasi lainnya diperbarui ke versi terbaru, Kerennn.

    Tapi yang saya tidak suka, kenapa louncher aplikasinya ada di sebelah kiri, apakah tidak bisa dipindah kebawah? sudah aku coba beberapa trik di internet tapi tetap aja gagal. Itu bisa dipindah gak ya? πŸ˜€

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *