Mengatasi Harddisk Tidak Bisa di Mount di Ubuntu Dual Boot Windows 8

Posted in Linux, Saturday, April 19th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Ketika kita menggunakan Ubuntu yang di dual boot dengan Windows 8, kita pasti akan mengalami harddisk atau partisi kita yang merupakan partisi dengan format NTFS tidak bisa dibuka dari Linux.

Ketika kita mencoba membukanya melalui File Explorer Nautilus di Ubuntu, maka kita akan mendapatkan error Unable to access “partisi”, dan dibawahnya ada deskripsi error mountint /dev/sda/ dan seterusnya.

Mengatasi Harddisk Tidak Bisa di Mount di Ubuntu Dual Boot Windows 8

Dari error tersebut dikatakan bahwa: The NTFS partition is in an unsafe state dan kita diminta untuk melakukan resume Windows kemudian melakukan shutdown. Anehnya, kita merasa bahwa Windows dalam kondisi shutdown ketika digunakan sebelumnya.

Ya, hal ini terjadi karena pada Windows 8 terdapat fitur baru yang bernama Fast Startup. Fitur ini memungkinkan Windows untuk tidak sepenuhnya Shutdown ketika kita menekan tombol Shutdown. Jadi dapat dibilang Windows akan setengah hibernate setengah shutdown hehe. Hal inilah yang menyebabkan Windows 8 terasa cepat saat booting.

mengatasi harddisk tidak bisa di mount Ubuntu dual boot windows 8

Error saat partisi tidak bisa di mount

Nah, kembali ke harddisk atau partisi yang tidak bisa di mount tadi, karena ketika di Windows harddisk statusnya adalah hibernate, maka di Linux pun normalnya tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya adalah kita harus menonaktifkan fitur fast startup tersebut. Atau jika tidak ingin menonaktifkannya berarti ketika shutdown, kita harus membuat harddisk dalam kondisi mati juga.

Untuk melakukannya tidak susah. Kita cukup menggunakan command prompt dan melakukan shutdown dari CMD tersebut.
Perintah yang kita berikan adalah:

shutdown /s /t 0

Setelah menekan enter, maka Windows akan shutdown secara seutuhnya… weleh. Setelah itu cobalah untuk membuka partisi yang tadinya tidak bisa dibuka ketika Windows shutdown secara biasa. Pasti partisi dapat dibuka dengan baik.

Sekian tutorial untuk mengatasi harddisk yang tidak bisa di mount di Ubuntu dual boot Windows 8.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *