Mengatasi Bug Menu Netbeans Linux

Netbeans adalah IDE favorit untuk membuat program baik Java maupun PHP.

Mengapa Netbeans begitu banyak digunakan? Hal ini karena kemampuan Netbeans yang begitu bagus. Ketika membuat program berbasis Java misalnya, Netbeans memiliki fitur seperti generate fungsi yang dapat memudahkan kita untuk membuat fungsi-fungsi tertentu.

Netbeans sendiri adalah software yang gratis dan open source. Seperti kebanyakan software open source lain, software-software tersebut tersedia di berbagai platform termasuk Linux.

Mengatasi Bug Menu Netbeans Linux

Bagi anda yang menggunakan Linux dan Netbeans barangkali ada yang mengalami semacam keanehan pada Netbeans nya.

Keanehan itu adalah, ketika membuat Netbeans, dan telah tampil di layar, deretan menu ketika di klik akan langsung menutup kembali.

Misalnya nih, saya klik File, seharusnya kan muncul deretan menu di bawah File, seperti open dan sebagainya. Nah ini tidak, yang terjadi adalah menu tersebut secara otomatis langsung menutup kembali.

Akibatnya, saya harus menggunakna keyboard untuk mengakses menu yang tersimpan di dalam menu-menu deretan atas. (Jika memakai keyboard tidak terjadi masalah). Saat itu saya menggunakan Ubuntu 12.04 dengan desktop gnome3/gnome shell.

Untuk deskop gnome classic, tidak terjadi bug seperti itu, karena saya sudah sering menggunakan Netbeans di Linux dan tidak mengalami keanehan kecuali ketika menggunakan Gnome shell. Bug tersebut juga tidak terjadi di desktop XFCE. Untuk desktop Unity, saya sendiri agak lupa hehe.

Setelah searching melalui Google, ternyata bukan hanya saya yang mengalami bug seperti itu. Dan baiknya, bug tersebut telah dilaporkan ke launchpad Ubuntu.

Berikut adalah link untuk melihat deskripsi dari bug tersebut: https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/openjdk-6/+bug/777425

Untuk mengatasi bug tersebut, anda cukup menekan ALT+SHIFT+ENTER sehingga Netbeans tampil dalam bentuk fullscreen, kemudian kembalikan lagi ke kondisi normal dengan menekan tombol yang sama.

Bug tersebut telah teratasi, ya, setidaknya di komputer yang saya gunakan dengan cara tersebut.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *