Mengaktifkan Touch Pad Scrolling di Elementary OS

Saat pertama kali menginstall Elementary OS, saya agak heran kenapa touch pad tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal jika di Ubuntu, touch pad akan langsung berfungsi dengan baik. Fungsi yang dimaksud adalah fungsi scrolling yang digunakan untuk menggulung halaman hanya dengan menggeser bagian pinggir kanan touch pad ke atas maupun ke bawah. Selain itu, ada juga fungsi double klik pada touch pad yang tidak berjalan.

Oh iya, laptop saya ini adalah Dell Inspron 1440. Secara umum hardware laptop ini disupport oleh berbagai distro Linux, dan biasanya hanya mengalami kesulitan saat menginstall firmware wireless broadcomm bcm-43 lpp-hy.

Mengaktifkan Touch Pad Scrolling di Elementary OS

Awalnya saya pikir ada driver atau firmware yang belum terinstall. Ternyata setelah saya buka-buka System Settings, di sana ada pengaturan untuk mouse dan touch pad.

Jadi bagi Anda yang mengalami hal serupa (touch pad tidak berfungsi dengan baik), bisa dicoba untuk membuka System Settings, cari pada bagian Mouse and Touch Pad, masuk ke tab Touch Pad, dan berikan konfigurasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Karena saya ingin mengaktifkan fitur scroling pada touch pad, maka saya aktifkan Edge scrolling pada bagian Scrolling. Setelah itu touch pad scrolling akan langsung berfungsi.

Lihat konfigurasi berikut jika Anda bingung:

mengaktifkan touch pad scrolling
Mengaktifkan Touch Pad Scrolling

Sekian tutorial untuk mengaktifkan touch pad scrolling di elementary OS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *