Mengaktifkan Tombol Play/Pause pada Exaile Audio Player

Setiap keyboard laptop saat ini pasti ada tombol Play/Pause, Next dan Previous. Tombol-tombol tersebut sangat berguna sebagai shortcut ketika kita ingin memutar lagu yang kita inginkan. Sayangnya, tidak semua audio player bisa otomatis mendeteksi adanya tombol-tombol tersebut. Audio Player yang biasanya sudah mendeteksi adalah audio player bawaan dari sistem operasi yang kita gunakan.

Sebagai contoh, Windows Media Player di Windows biasanya bisa play atau stop dengan hanya menekan tombol Play/Stop di Keyboard, begitu juga Rhythmbox di Ubuntu yang pasti juga bisa dimainkan dengan tombol-tombol tersebut.

Mengaktifkan Tombol Play/Pause pada Exaile Audio Player

Ceritanya saya tidak menggunakan Rhytmbox, tetapi menggunakan Exaile. Exaile adalah salah satu audio player open source yang tersedia di berbagai operating system, yang mana saat ini saya menggunakannya di Linux.

Permasalahan yang saya hadapi ketika menggunakan Exaile adalah tombol Play/Pause dan kawan-kawannya tidak berfungsi. Jadi ga asik donk kalau puter lagu masa harus buka window untuk play, next, previous, ataupun stop lagu yang sedang berjalan.

Nah, hal pertama yang saya lakukan tentu saja mengecek di manual Exaile apakah ada command khusus untuk Play/Pause.Untuk apa? tentu saja untuk memasang perintah play/pause ke daftar shortcut keyboard yang ada di Ubuntu.

Seperti biasanya, untuk melihat manual suatu software digunakan perintah “man”

azuharu@azh:~$ man exaile

Setelah itu akan keluar manual dari Exaile, kayak gini nih screenshotnya.

exaile manual page
exaile manual page

Dari manual tersebut kita ketahui bahwa ada perintah khusus untuk play/pause, next dan previous dari lagu yang akan atau sedang kita mainkan.

OPTIONS
Playback Options:
-n, –next
Play the next track

-p, –prev
Play the previous track

-s, –stop
Stop playback

-a, –play
Play

-u, –pause
Pause

-t, –play-pause
Pause or resume playback

–stop-after-current
Stop playback after current track

Sekarang kita harus memasang perintah tersebut ke daftar shortcut keyboard supaya tombol Play/Pause bisa dijalankan di Exaile. Buka pengaturan keyboard shortcut dari Setting. Silakan search sendiri ya, kalau di GNOME Shell sih tinggal ketik shortcut atau keyboard udah keluar iconnya.

Klik di bagian yang custom shortcut, trus klik icon + buat nambahin Shortcutnya, isikan Nama dan commandnya dan klik OK. Setelah itu klik di kolom bagian kanan nantinya tulisannya akan berubah dari disabled ke New Accelerator. Nah pas tulisannya new accelerator kita tekan tombol yang hendak kita jadikan shortcut. Udah gitu aja

Kayak gini nih tampilannya:

exaile keyboard shortcut
exaile keyboard shortcut

 

Setelah shrotcut diberikan, lagu yang diputar kini bisa di play/stop dengan menggunakan Keyboard.

Sekian tutorial mengaktifkan tombol Play/Pause pada Exaile Audio Player.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *