Linux Sistem Operasi yang Mudah Digunakan

Banyak orang yang berpikir bahwa Linux itu “keren” tapi masih merasa ┬átakut untuk menggunakannya. Hal ini karena sebagian besar dari kita berpikir bahwa Linux itu sulit digunakan.

Sulit ini beragam, ada yang merasa sulit memperoleh driver, misalnya layar tidak support, harus install driver VGA. Ada juga yang merasa sulit karena harus menggunakan command atau perintah-perintah melalui terminal.

Selain itu seringkali kita juga berpikir sulit memperoleh software di Linux, harus terkoneksi dengan internet dan masih banyak alasan yang lain.

Jangan sampai permasalahan “kecil” di atas menutup wawasan kita dan berpikir bahwa Linux itu sulit.

Linux Sistem Operasi yang Mudah Digunakan

Sebenarnya Linux itu adalah sistem operasi yang sangat mudah digunakan. Percaya tidak percaya berikut ini adalah pembuktiannya.

Software Linux adalah free

Software-software di Linux bersifat free dan sebagian besar adalah open source. Free berarti anda dapat memperolehnya secara gratis dan Open source berarti code dari software tersebut dapat anda peroleh dan gunakan secara bebas sesuai lisensi yang berlaku.

Hal inilah yang membedakan Linux dengan sistem operasi lain yang lebih sering menggunakan software berbayar. Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan software berbayar, hanya saja tidak semua orang mampu untuk membeli software berbayar sehingga lebih baik jika menggunakan software yang gratis. Hal ini tentu saja tidak berlaku jika anda bermental “bajakan”.

Software di Linux sangat mudah diperoleh

Berbeda dengan sistem operasi lain, Linux memiliki repository yaitu berupa kumpulan dari software yang dapat digunakan di Linux. Repository ini dapat bersifat online, maupun offline.

Repository ini dapat diperoleh dengan mengunduh secara online atau membeli di toko software. Harganya pun relatif terjangkau jika dibandingkan membeli sebuah software berbayar. Terlebih lagi, dengan repository tersebut, anda tidak perlu (atau jarang) terkoneksi dengan internet untuk menginstall aplikasi.

linux sistem operasi yang mudah digunakan
Debian Repository

Software di Linux TIDAK susah digunakan

Salah satu software yang tersedia di Linux, Kompozer, misalnya. Kompozer digunakan untuk mendesain website. Fungsinya kurang lebih sama dengan software untuk membuat web lain berbasis WYSIWYG.

Kalau kita menganggap software di Linux itu susah digunakan, berarti anda belum membuka pikiran. Silakan bandingkan mana yang lebih mudah. Barangkali anggapan susah itu terjadi karena anda masih dalam taraf penyesuaian tampilan GUI dari software Linux yang sebenarnya lebih simple dibanding sistem operasi lain.

Bagaimana? tertarik belajar Linux?

1 Comment


  1. Gan, saya punya saran utk Linux…
    Dripda Kita sibuk mmbuat distro” baru yg trus brmunculan mngapa Kita tidak fokus utk mmbuat aplikasi & prbaiki kualitas aplksinya? & promosikan aplikasi” tsb.
    Saya rasa klw mekanisme instal aplkasi semudah instal di Windows (pke installer 1 file & bisa offline) trus tampilannya full GUI, saya yakin sx Linux akan gmpang diterima msyrakat…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *