Install Linux di dalam Windows

Posted in Linux, Windows, Saturday, March 9th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Ingin belajar Linux tanpa menghapus atau melakukan dual boot dengan Windows?

Solusinya ya install Linux di dalam Windows.

Lho, memang bisa? Ya memang nggak bisa, tapi kita tetap bisa menjalankan Linux di dalam Windows.

Caranya menggunakan software seperti Virtual Box dan VMware.

Virtual Box adalah sebuah software untuk membuat OS menjadi virtual. Dengan Virtual Box kita bisa menjalankan Linux di dalam Windows kita dan tidak perlu khawatir partisi hilang dan sebagainya.

Tentu saja hal itu tidak mempengaruhi konfigurasi Windows, kita hanya perlu menyediakan beberapa space untuk menyimpan file virtual Linux tersebut.

Besarnya file virtual tersebut tergantung dari jumlah hardisk yang kita alokasikan di dalam Linux “virtual” tadi. Jadi semakin besar ukuran hardisk Linux yang virtual tadi, maka semakin besar pula space yang perlu kita sediakan di dalam harddisk kita.

Install Linux di dalam Windows

Banyak sekali keuntungan dari menggunakan Linux secara virtual ini.

Selain tetap bisa belajar Linux dan tetap menggunakan Windows, kita juga bisa berlatih banyak hal seperti membuat aplikasi client server, belajar hacking server dengan Linux virtual tadi sebagai servernya dan masih banyak lagi.

Koneksi internet di dalam Linux virtual tadi secara otomatis mengikuti koneksi di Windows, jadi selama Windows terkoneksi dengan internet, maka Linux otomatis memiliki koneksi internet juga dengan catatan anda tidak melakukan disable terhadap Virtual Box network adapter nya.

Saya sendiri menggunakan Linux virtual untuk belajar membuat project grid computing dengan Linux sebagai server grid nya.

install linux di dalam windows

Virtual Box

Keuntungan lain dari virtual ini adalah file OS virtual tersebut bisa dipindah-pindah dengan bebas menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal. Jadi tidak perlu khawatir ketika install ulang, file tersebut bisa dengan mudah dipindahkan terlebih dengan mudah.
Jadi semisal kita ingin membuka Linux virtual kita tadi di komputer kampus, hal tersebut bisa dilakukan. Tapi jangan lupa install dulu virtual box di komputer kampus nya hehe.

Sebenarnya masih banyak keuntungan dari menggunakan Virtual Box ini, seperti konfigurasi jaringan NAT, Bridge connection, dan lain-lain.

Bagaimana? tertarik belajar Linux dengan Virtual Box?

Semoga bermanfaat.

7 Responses to “Install Linux di dalam Windows”

  1. pranciskus says:

    Saya coba-coba menginstal OS dengan VMware.
    Ternyata VMWare Not For Commercial Used.

    Apakah Virtual Box ini free for bisnis atau gak?

    Terima kasih.

  2. miqdar says:

    tutor nya mana nih?

  3. Wah, kalau saya virtualbox portable, jadi virtualbox-nya bisa dimasukin flashdisk tanpa harus diinstall di komputer kampus :D

Leave a Reply