Cara Rename FlashDisk di Ubuntu Linux

Akhirnya setelah sekian lama tidak mempunyai flashdisk, hari ini saya memutuskan untuk membeli flashdisk.
Habis beli pastinya langsung dicek donk, supaya kalau ada yang ga beres bisa langsung dikembalikan ke penjualnya.
Yap, karena lagi males buka Windows, akhirnya saya coba tes di Linux. Alhamdulillah flashdisk berfungsi dengan baik.

Karena flashdisk ini merknya Kingston, maka di file explorer (Nautilus) maka nama disknya adalah KINGSTON. Supaya keren, haha niatnya mau saya rename tapi ternyata Nautilus tidak support merename disk drive/flashdisk.

Cara Rename FlashDisk di Ubuntu Linux

Lalu bagaimana cara merename nama flashdisk tersebut? Ada dua cara untuk melakukannya yaitu cara susah dan cara gampang. Cara susah ya make command line (ga susah sih sebenernya kalau tau caranya) dan cara gampangnya adalah pakai software GParted.

GParted adalah software untuk melakukan managemen terhadap harddisk, partisi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan itu. Melalui GParted ini, kita bisa rename nama flashdisk sesuai dengan keinginan kita. GParted tidak terinstall di bawaan Ubuntu. maka dari itu kita harus menginstallnya terlebih dahulu dengan menggunakan perintah:

sudo apt-get install gparted

Ukuran GParted ini relatif kecil, koneksi saya yang lelet aja bisa menginstallnya dengan cepat. Untuk menginstall pastikan Anda terkoneksi dengan internet ya.

Oke selanjutnya buka GParted tersebut, kalau Anda menggunakan Ubuntu versi terbaru ya tinggal buka Dashboard Unity dan ketikkan GParted, nanti software yang bernama GParted Partition Editor akan muncul. Masukkan password user Anda jika diminta ketika membuka GParted ini.

Oke, sekarang GParted sudah terbuka, tapi mana partisi yang menandakan flashdisk? Jika tidak ada, mungkin yang terseleksi adalah /dev/sda alias hardisk di komputer Anda. Di pojok kanan ada dropdown, silakan klik dan pilih yang /dev/sdb, itulah flashdisk Anda.

cara rename flashdisk di ubuntu
GParted Partition Editor

Jika flashdisk dalam kondisi “mount” maka silakan di “unmount” kan terlebih dahulu dengan melakukan klik kanan pada baris yang menandakan flashdisk Anda dan klik unmount. Jika tidak yakin dalam kondisi mount atau unmount, ya klik kanan aja, kalau ada pilihan unmount, klik saja unmount.

Selanjutnya untuk merename, silakan klik kanan sekali lagi, dan pilih Label. Masukkan nama flashdisk yang Anda inginkan. Klik OK, dan nama yang tadinya “KINGSTON” sudah berubah menjadi nama yang Anda inginkan.

cara rename usb flashdisk di linux
Rename Label Flashdisk

Terjadi Error?

Jika terjadi error, misalnya tidak bisa klik Label, mungkin Anda perlu menginstall package ntfsprogs, untuk menginstallnya coba aja pake command sudo apt-get install ntfsprogs (ga yakin bener ini atau ndak, hehe)  yang jelas di Ubuntu yang saya pake ndak ada Error.

Sekian tutorial cara rename flashdisk di Ubuntu Linux.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *