Cara Mengganti Lokasi Direktori public_html atau /var/www/ Apache2 Linux

Ketika mendevelop sebuah website tentunya kita membutuhkan web server. Salah satu web server yang biasa digunakan adalah Apache.
Di Windows, Apache biasanya sudah include di software paket seperti XAMPP atau WAMP. Di Linux, kita juga bisa menggunakan XAMPP atau memilih menginstall apache secaralangsung.

Tulisan ini sebenarnya lanjutan dari tutorial sebelumnya, yaitu tentang cara install Apache2, MySQL, dan PhpMyAdmin di Elementary OS. Setelah menginstall Apache2, direktori root default adalah di folder /var/www/

Bagi sebagian programmer, ketimbang menaruh source code di direktori /var/www/ kadang lebih memilih menaruhnya di direktori home, misalnya /home/azuharu/public_html

Nah, tutorial ini menjelaskan bagaimana cara mengganti lokasi direktori public_html atau /var/www/ apache2 ke direktori atau folder yang kita inginkan.

Cara Mengganti Lokasi Direktori public_html atau /var/www/ Apache2

Sebelum mengikuti langkah berikut, pastikan Anda sudah menginstall Apache2 dan kawan-kawannya. Jika belum, dan Anda ragu, silakan buka tutorial yang saya tulis melalui link di atas.

Mengganti lokasi direktori public_html sebenarnya sangat mudah. Yang perlu kita lakukan adalah mengubah file konfigurasi yang berada di /etc/apache2/sites-available/default, dimana yang perlu kita ubah adalah semua tulisan bertuliskan /var/www menjadi lokasi dimana kita ingin meletakkan direktori web root kita.

Berikut ini adalah konfigurasi yang saya ubah supaya folder /var/www/ berubah lokasi menjadi di /home/azuharu/public_html

<VirtualHost *:80>
ServerAdmin webmaster@localhost

DocumentRoot /home/azuharu/public_html
<Directory />
Options FollowSymLinks
AllowOverride None
</Directory>
<Directory /home/azuharu/public_html/>
Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
AllowOverride None
Order allow,deny
allow from all
</Directory>

ScriptAlias /cgi-bin/ /usr/lib/cgi-bin/
<Directory “/usr/lib/cgi-bin”>
AllowOverride None
Options +ExecCGI -MultiViews +SymLinksIfOwnerMatch
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log

# Possible values include: debug, info, notice, warn, error, crit,
# alert, emerg.
LogLevel warn

CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/access.log combined

Selain cara di atas, sebenarnya ada cara lain yang lebih “keren”, misalnya dengan membuat konfigurasi untuk site/lokasi baru, dan atau bisa juga menggunakna symbolic link. Tetapi cara tersebut tidak saya tulis saat ini.

Yang jelas dengan mengubah konfigurasi seperti di atas, kita tidak perlu lagi masuk ke direktori /var/www/ untuk membuat website

Sekian tutorial Cara Mengganti Lokasi Direktori public_html atau /var/www/ Apache2

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *