Cara Install Game Dota di Linux

Posted in Linux, Saturday, June 1st, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Bagi anda yang suka bermain game, tentunya mengenal DotA kan?

Ya, DotA yang merupakan singkatan dari Defends of the Ancients adalah salah satu game yang paling diminati oleh pecinta game. Saya sendiri sudah mengenal DotA lebih dari 8 tahun, dan sampai sekarang juga masih memainkannya.

Memang game DotA ini memiliki banyak kelebihan dibanding game-game yang lain. Permainan yang tidak monoton, Hero-hero yang banyak pilihan, dan masih banyak lagi. Sayangnya, DotA hanya game yang tersedia di Windows dan tidak tersedia di platform lain.

Bagi pengguna Linux yang ingin memainkan DotA di sistem operasi tersebut, harus menginstall aplikasi tertentu agar dapat menjalankan aplikasi Windows di Linux termasuk DotA. Aplikasi tersebut adalah Wine.

Cara Install Game Dota di Linux

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, kita harus menginstall “Wine” yaitu program yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux.

Saat ini Wine versi stabil ada di versi 1.4, sedangkan versi 1.5 sedang dalam tahap pengembangan.

Untuk menginstall Wine 1.4, silakan buka terminal, dan gunakan command berikut:

sudo apt-get install wine1.4

Ukuran dari Wine 1.4 tersebut sekitar 114 MB tergantung dari dependencies dari program yang sudah atau belum terinstall di komputer anda.

Tunggu beberapa saat sampai proses unduh dan instalasi selesai. Ingat! anda harus terkoneksi dengan internet dan kecepatan proses tergantung dari kecepatan internet anda.

Menjalankan Game Dota di Linux

Oke, saya asumsikan proses install Wine telah selesai dan anda sudah mempunyai file DotA di komputer anda. Untuk menjalankannya, anda bisa langsung klik dua kali pada file exe, misalnya Warcraft III.exe untuk mulai memainkan game. Tapi biasanya jika melalui klik dua kali, maka game akan tampil tidak secara fullscreen, kecuali anda telah mengubah setting konfigurasi Wine tersebut.

cara install game dota di linux

Anda bisa menggunakan terminal jika ingin memunculkan DotA secara full screen, dengan command:

wine Warcraft\ III.exe -opengl

DotA termasuk game yang ringan sehingga seharusnya tidak akan “ngelag” ketika dimainkan di Linux. Saya sendiri sudah mencoba memainkan DotA di Linux, dan hasilnya nyaman-nyaman saja.

Semoga bermanfaat.

Cara Install Game Dota di Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *