Bosan Tampilan Unity? Ganti dengan GNOME Classic Ubuntu

Posted in Linux, Friday, May 23rd, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Unity adalah nama desktop/user interface dari Ubuntu yang mulai digunakan sejak Ubuntu versi 10.10. Awalnya Ubuntu memiliki banyak kekurangan, buggy, dan segala macamnya. Dari waktu ke waktu Unity terus diperbaiki dan dikembangkan hingga menjadi seperti sekarang ini, yaitu sebuah user interface yang layak diacungi jempol karena fitur-fitur yang dimilikinya.

Meskipun Unity adalah user interface default dari Ubuntu sekarang ini, tetapi tidak semua orang nyaman menggunakan Unity. Hal ini karena Unity memiliki tampilan grafis yang membutuhkan kemampuan hardware lebih daripada user interface default sebelumnya, GNOME Classic.

Oleh karenanya ada beberapa orang yang lebih suka menggunakan GNOME Classic

Bosan Tampilan Ubuntu Unity? Ganti dengan GNOME Classic Ubuntu

Ya, saya sendiri juga merasa kurang pas jika menggunakan Unity, maklum salah satu yang saya unggulkan dari Linux/Ubuntu adalah tidak begitu membutuhkan memory yang besar seperti halnya Windows. Jadi saya lebih prefer menggunakan GNOME Classic.

Menginstall GNOME Classic di Ubuntu 14.04

Untuk menginstall GNOME Classic di Ubuntu 14.04 tidaklah sulit. Kita bisa menginstallnya melalui Ubuntu Software Center. Ketikkan gnome session fallback di kotak pencarian yang ada, jika sudah ketemu, silakan diinstall.

gnome session fallback

Ubuntu Software Center

Untuk menginstall kita harus terkoneksi dengan internet, dan jika sudah selesai, cobalah untuk logout atau restart. Pada tampilan login, nanti akan ada semacam icon Ubuntu yang merupakan pilihan untuk memilih user interface apa yang akan kita gunakan setelah login nanti. Pilihlah yang GNOME boleh Metacity atau yang Compiz.

Perbedaan Metacity dan Compiz

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya, bedanya hanyalah Metacity lebih ringan dibanding Compiz. Di Metacity tidak akan ada fitur yang ada animasinya seperti snapping Windows, tetapi di Compiz ada.

gnome classic ubuntu 14.04

GNOME Classic Ubuntu 14.04

Jadi, jika komputer kita komputer dengan spesifikasi rendah, kita bisa memilih yang Metacity, tetapi kalau spesifikasinya lumayan, bisa pilih yang Compiz.

Sekian tulisan tentang Ubuntu kali ini.

Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *