Bingung Memilih Distro Linux

Posted in Linux, Tuesday, November 20th, 2012, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Bingung adalah salah satu hal yang sering dirasakan ketika memilih distro Linux. Wajar saja, ada banyak sekali distro yang dapat kita gunakan di Linux.

Sebagai salah seorang pengguna Linux, dulu saya juga merasakan yang sama. Seringkali saya bergonta-ganti distro untuk mencicipi rasa dari distro-distro tersebut. Tidak puas dengan satu distro, saya mencoba ke distro lain. Ubuntu kurang sreg, saya pun mencoba Linux Mint- padahal turunan dari Ubuntu juga.

Untuk mendapatkan list distro lengkap saya seringkali mengunjungi http://distrowatch.com. Distro-distro yang berada di barisan teratas dari website tersebut saya coba dan bandingkan dengan distro yang lain.

Melihat distro Linux melalui Distrowatch

Distrowatch.com

Akhirnya saya mengambil beberapa kesimpulan untuk memilih distro Linux yang cocok sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

Bingung Memilih Distro Linux

Pada dasarnya semua distro tidak jauh berbeda, setiap command dapat dikatakan sama. Ya, tentu saja karena sama-sama Linux. Tetapi, untuk memilih distro yang cocok, apalagi untuk newbie ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

Pilihlah distro yang memiliki banyak dukungan dari community. Semakin banyak komunitas dari pengguna distro Linux tersebut maka akan semakin mudah dalam belajar ataupun menyelesaikan masalah yang terjadi ketika anda menggunakan Linux.

Pilihlah distro yang memiliki dukungan besar dari sebuah perusahaan, karena hal itu akan menunjang keberlangsungan dari pengembangan distro tersebut.

Pilihlah distro yang banyak digunakan oleh lingkungan di sekitar anda, karena akan memudahkan ketika anda ingin bertanya mengenai distro yang sedang anda pelajari.

Punya saran lain? silakan berbagi saran yang Anda miliki di kotak komentar.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *