Belajar CentOS di VirtualBox, Ga Perlu Hapus Windows

Masih ragu-ragu belajar Linux? Semoga tidak, karena dengan adanya virtualisasi kita bisa bebas menggunakan Linux dan mempelajarinya tanpa harus ubah-ubah partisi atau bahkan install ulang Windows.

Saya sendiri sering menggunakan Linux virtual untuk belajar. Biasanya, saya hanya menggunakan distro Debian, Ubuntu, dan turunannya, tetapi hari ini saya ingin sekali belajar CentOS. Kenapa? karena distro Linux inilah yang sering digunakan sebagai server.

Belajar CentOS di VirtualBox, Ga Perlu Hapus Windows

Untuk menggunakan VirtualBox, pastikan Anda telah menginstall VirtualBox. Jika belum, silakan download di https://www.virtualbox.org/

Selain itu pastikan pula Anda sudah memiliki CD atau file ISO dari CentOS. Jika belum, silakan download di http://www.centos.org, supaya greget pilih yang minimal install saja.

Untuk install, seperti biasa buatlah sebuah virtual machine baru, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Karena saya hanya menggunakannya untuk belajar, jadi next next aja sudah cukup saya rasa. Jika sudah, klik icon start dan mulailah instalasi.

Karena saya menggunakan file installer yang minimal install, maka setelah proses instalasi selesai tidak akan ada tampilan user interface alias semuanya full terminal. Bahkan software-software yang mungkin sudah ada di CD installer Linux juga tidak ada. Jangan khawatir, justru di situlah menariknya belajar Linux, apalagi jika menggunakan Virtual Machine, yang penting ada koneksi internet saja sudah fine fine aja hehe.

belajar CentOS
Install CentOS di VirtualBox

Hal pertama yang harus dilakukan setelah proses instalasi selesai adalah melakukan konfigurasi network eth0. Hal ini karena konfigurasi network belum diberikan, sehingga agar kita bisa mendapatkan IP untuk koneksi internet dari Windows kita perlu melakukan konfigurasi. Tutorial untuk melakukan setting network eth0 dapat Anda lihat di post berjudul: Setting Network CentOS untuk VirtualBox.

Yap, post ini bisa dibilang hanya sebagai pendahuluan untuk tutorial CentOS. Seperti halnya tutorial yang lain, Insya Allah akan selalu diupdate.

Sekian post awal dari tutorial belajar CentOS, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *