Cara Mudah Membuat Project Laravel

Posted in Laravel, Sunday, June 12th, 2016, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Laravel adalah salah satu framework yang paling digandrungi saat ini. Seperti kebanyakan library atau PHP framework yang lainnya, untuk menginstall laravel bisa menggunakan Composer. Selain itu ada juga yang namanya Homestead semacam tool untuk membuat environment khusus saat develop Laravel. Tapi entah kenapa, cara-cara tersebut tidak terlalu saya sukai. Saya lebih berharap ada source berbentuk zip yang tinggal extract seperti halnya framework-framework lain. Saya pikir kalau harus install Composer, ketik manual, itu masih terlalu ribet (padahal sebenernya itu sudah sangat-sangat simple). Saya pengen cara yang lebih simpel lagi.

Daan caranya adalah…

Untuk yang pengen instalasi gampang, bisa gunakan yang namanya Laragon. Dari namanya saja sudah terlihat ke-laravelannya. Tapi jangan salah sangka, Laragon adalah paket web server seperti XAMPP, WAMP dll. Laragon ini punya beberapa kelebihan dibanding XAMPP, di antaranya kita bisa menginstall Laravel dengan mudah!

Laragon bisa didownload di sini: https://laragon.org/

Untuk menginstall Laravel, tinggal klik kanan Laragon, pilih Laravel, pilih Create Project, Laragon ini menyediakan Laravel versi 4, versi 5, dan Lumen (Micro framework dari Laravel).

laragon

Berikan nama project nya, klik OK

laragon create project

Laragon Create Project Laravel

Laragon akan otomatis menginstall dengan composer. Ujung-ujungnya composer juga sih, tapi kan yg ini lebih simpel haha.

composer laravel

Composer Laravel

Tunggu beberapa saat. Kalau koneksi internet kamu lambat ya bisa ditinggal nyuci mandi dulu

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *