Menggunakan CardLayout di Netbeans

Tutorial java kali ini saya buat karena saya lupa cara menggunakan CardLayout di Netbeans. Sebelumnya saya pernah make CardLayout ini, dan berhasil tentunya tapi entah kenapa hmmm lupa menghilangkan segalanya. At least saya tulis disini agar dikemudian hari ketika lupa, saya dapat segera membuka dokumentasi ini.

Untuk membuat CardLayout tidak lah sulit, anda dapat membaca dokumentasi yang saya tulis di sini.

Pahami terlebih dahulu, baru dicoba. Semoga bermanfaat.

Pertama buat project seperti biasa menggunakan Netbeans.

membuat data entry dengan menggunakan netbeans dan sqlite java

Buat JFrame Form, disini saya beri nama Form. [iseng] saya buat juga jMenuBar di dalam Form ini.

Buatlah sebuah JPanel di dalam Form yang anda buat, dengan nama variabel panelForm. Klik kanan panelForm pada jendela Inspector dan ubah Set Layout nya menjadi Card Layout.

Selanjutnya, di dalam panelForm, buatlah 3 buah panel dengan nama utama, entry dan about untuk membedakan panel yang aktif.

Disini saya membuat tampilan seperti gambar di bawah

Di Panel utama, berikan listener untuk button Masuk dengan cara klik kanan button tersebut, klik action dan pilih actionPerformed. Dimaksudkan ketika kita klik button tersebut nantinya, maka kita akan beralih ke panel card yang lain.

Selanjutnya isikan code berikut

CardLayout cl = (CardLayout)panelForm.getLayout();
cl.show(panelForm, "entry");


“entry” adalah nama card dari panel yang telah kita buat. Pastikan nama tersebut sesuai dengan cara lihat ke jendela Properties, dan cek Card Name nya.

Terakhir coba running programnya.

Catatan: Selain menggunakan cl.show(panelForm, “entry”); kita dapat juga menggunakan cl.next(panelForm) untuk berpindah ke card lain sesuai urutan di dalam jendela Inspector.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *