Font Aplikasi Java Rusak Saat Running di Windows Virtual

Posted in Java, Linux, Windows, Monday, July 14th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Ceritanya ada temen nih yang mau ngetes aplikasi desktop berbasis Java. Nah berhubung ane pake Linux, dan saat ngetes aplikasi tersebut di Linux ternyata muncul error driver -database nya. Mau ga mau harus di tes nih di Windows karena bagaimanapun juga aplikasi tersebut digunakan untuk platform Windows nantinya (biarpun Java sebenarnya cross platform).

Untungnya ane udah siapin Windows di dalam Linux ane. Lho? Emang bisa Windows diinstall di dalam Linux?

Bisa donk, ane pake virtualbox untuk ngejalanin Windows tersebut. Sebaliknya, Linux juga bisa diinstall di VirtualBox di dalam Windows kok.

Font Aplikasi Java Rusak Saat Running di Windows Virtual

Ceritanya ketika di running di Windows, aplikasi tersebut berjalan dengan baik…cuman… Font nya jadi rusak. Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah alokasi memori untuk Window virtual tersebut.

Screenshot font yang rusak ga ane tampilin di sini ya, males aja ngambil nya hehe. Tapi screenshot untuk ngatasin masalah tersebut pastinya ane tampilin di sini.

font aplikasi java rusak windows virtualbox

Windows VirtualBox Setting

Jadi yang perlu dilakuin itu adalah alokasikan memori lebih pada video memory nya. Caranya, klik Setting, Preferences, pilih Display, trus geser aja tuh video memorynya, di sini ane geser sampai 128 MB, trus ane centang juga Enable 3D acceleration sama enable 2D video acceleration.

Abis itu start lagi de Windowsnya n coba running aplikasi Javanya. Insya Allah tampilannya udah kagak rusak lagi.

Sekian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat walaupun agak kacau tulisannya hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *