Cara Setting Java di Windows

Setelah menginstall Java, kita harus mengecek apakah Java sudah terinstall dengan baik. Tandanya adalah, ketika kita buka command prompt dan mengetikkan java -version, maka akan muncul pemberitahuan versi Java yang terinstall seperti pada gambar di bawah ini:

java command prompt
Versi Java Muncul di Command Prompt

Nah kalau belum, berarti kita harus melakukan setting tertentu supaya bisa digunakan di command prompt. Untuk pengguna Windows 8, 8.1 atau Windows 10, bisa klik kanan icon Windows (atau pojok kiri bawah) kemudian klik System. Kemudian pilih Advanced system Setting, dan lalu pada tab Advanced, pilih Environment Variable.

Perhatikan pada bagian System variables, di situ ada entry yang bernama Path, silakan klik Edit dan tambahkan path Java Anda ke dalamnya.

system variables
System Variables

Untuk versi Java yang sekarang ini (Java 8) seingat saya tidak perlu menambahkan path karena saat proses instalasi sudah otomatis terkonfigurasikan. Tetapi kalau belum ada, biasanya pathnya berada di C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_65\bin

Jangan lupa saat menambahkan kita harus memperhatikan titik koma (;) sebagai pemisah antara path yang satu dengan path aplikasi yang lain.

Setelah itu klik OK dan tutup semua jendela yang terbuka. Jangan lupa close terlebih dahulu command prompt kemudian buka lagi supaya path yang baru ditambahkan terbaca. Lalu ketikkan java -version.

Selamat Anda telah berhasil setting Java di Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *