Review BOLT, Mobile Wifi 4G LTE, Pengalaman Pribadi Lho!

Posted in Internet, Jaringan, Tuesday, June 17th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Siapa saja pasti setuju kalau dibilang internet itu udah jadi kebutuhan pokok bagi semua orang saat ini. Ya, pastinya yang kerjanya di depan komputer, ataupun yang komunikasinya pake internet. Kalau kesehariannya ga butuh internet pasti ga akan bilang klo internet itu kebutuhan pokok. Yang jelas, sebagian besar umat manusia saat ini butuh internet #weleh.

Ceritanya ane baru beli modem BOLT nih, ya ga baru-baru amat sih, kira-kira udah dua minggu yang lalu. Nah, di post ini tu ane mau cerita dikit tentang pengalaman internetan pake BOLT.

Bukan bermaksud promosi ya, ane cerita begini karena ane sadar betul kalau internet itu penting banget. Jadi harapan ane post ini bermanfaat buat ente-ente yang lagi nyari internet lancar, barangkali BOLT ini cocok sama daerah tempat tinggal ente.

Review BOLT, Mobile Wifi 4G LTE, Pengalaman Pribadi Lho!

Oke, pastinya ente udah tau kan BOLT itu apa? Kalau belum, BOLT itu ya… ya pokoknya kartu+modem buat internetan deh. Saat ini jangkauan BOLT baru sampai di Jabodetabek, Banten, dan kayaknya di Surabaya juga udah mulai ada.

Jaringan BOLT ini adalah 4G LTE, pastinya lebih cepat dari 3G ya, teorinya sih gitu. Kalau kata iklannya sih, BOLT ini lebih cepat 10x dari koneksi internet biasanya. Tapi tunggu dulu, meskipun lebih cepat, tapi sebelum beli modem BOLT, ente harus pastikan kalau di daerah, rumah, atau kosan ente udah ada sinyal BOLT. Kalau belum ya… harap sabar, semoga kelak dikemudian hari sinyalnya nyampe hehe.

Download up to 72 Mbps mas beroh!

Kecepatan download modem BOLT ini diklaim mencapai 72 Mbps, katanya sih kecepatan segitu itu pertama di Indonesia. 72 Mbps itu kalau dikalkulasikan jadi 9 MBps (Sembilan MegaBytes per second). Wuih kenceng banget bero!

Tapi tunggu dulu, ketika kita pake, ga mungkin kita dapet kecepatan segitu, tergantung sinyal, cuaca, dan pastinya amal dan perbuatan kita (just kidding) hehe.

review bolt mobile wifi

Modem BOLT

Mobile Wifi bisa dipake 8 User sekaligus

BOLT datang dengan modem yang namanya mobile wifi. Mobile wifi itu ya modem tapi kayak wifi. Jadi kita koneknya pake jaringan wifi dari modem tersebut. Modem BOLT ini bisa dipake 8 user sekaligus, jadi kalau dipikir-pikir, misal di rumah kita ada banyak orang yang pake internet, dengan Mobile Wifi seperti ini kita bisa menghemat pengeluaran untuk internet.

Modem Mobile Wifi itu tadi kalau ane pikir-pikir cukup kuat juga baterainya. Bisa dipake seharian dari pagi sampe sore tanpa ngecas modem, tapi ini pastinya tergantung berapa jumlah user, dan penggunaan internet kita ya. Oh iya, selain Mobile Wifi, ada juga kok yang modem stick, jadi kalau yang lebih suka modem konvensional, BOLT juga ada modem seperti itu.

Harga paket internet relatif lebih murah

Kalau dipikir-pikir, harga paket internet BOLT ini lebih murah dibandingkan paket internet yang lain. Kalo ga percaya cek aja di situsnya http://www.boltsuper4g.com atau liat tabel di bawah ini:

Harga Kuota Utama Kuota Bonus Masa Aktif
Rp. 25.000 2 GB 0 30 Hari
Rp. 45.000 4 GB 0 30 Hari
Rp. 100.000 10 GB 0 30 Hari
Rp. 150.000 20 GB 0 60 Hari
Rp. 200.000 30 GB 0 60 Hari

Pengalaman pribadi pakai BOLT

Oke, di kosan tempat ane kebetulan sinyal BOLT agak susah, kalau modem di taruh di lantai atau di atas meja lebih sering dapet sinyal satu bar. Tapi kalau digantung di jendela sinyalnya jadi tiga bar.

Dengan sinyal satu bar aja, ane bisa streaming Youtube tanpa buffer atau ngelag ~ cuman kadang-kadang videonya jadi low quality alias kualitas 360px. Tapi kalau modem ane gantung di jendela tadi, dapet tiga bar, streaming dengan kualitas yang jernih tanpa buffer. Ane sendiri belum ngecek, kalau pake kualitas yang HD masih bufer atau enggak.

Kalau dibuat streaming TV di UseeTV modem BOLT ini lancar banget di kosan ane. Kalau untuk download… ya lumayan kenceng lah dengan sinyal yang naik turun 1-3 bar tadi, bisa sampe ratusan MBps.

Selain di kosan, Ane juga nyobain BOLT di kantor. Sinyalnya jauh lebih bagus ketimbang di kosan, dan pastinya kualitas internetnya juga lebih bagus.

Tips buat yang mau make BOLT

Nah, dari pengalaman ane di atas, ada beberapa tips buat ente yang berencana beli BOLT. Pertama, pastiin dulu di rumah/kosan ente ada sinyal BOLT. Buat ngecek, ente bisa pinjam temen yang udah punya BOLT. Kalau belum ada sinyal ya sebaiknya jangan beli.

Kedua, pertimbangkan masak-masak harga dan penggunaan internet ente. Kalau sesuai dan dirasa lebih murah yang ga masalah. Tapi kalau ente make internet cuma untuk Whatsapp, BBM, Line, pastinya ga begitu butuh internet kenceng kan?

Terakhir, Bukan bermaksud promosi yak! ane cuman sekedar share aja, kan kualitas internet yang bagus tu dambaan semua orang hehe.

Sekian review BOLT dari ane. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *