Perbedaan Antara cPanel/WHM dan Plesk

Posted in Jaringan, Tuesday, March 25th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Pernah menyewa hosting? Jika pernah, pasti Anda pernah menggunakan cPanel atau Plesk. Apa sih cPanel? Apa sih Plesk? Keduanya adalah control panel untuk server/hosting yang Anda gunakan. Ketika memilih hosting, pasti penting donk mengetahui perbedaan antara cPanel/WHM dan Plesk karena itu yang berfungsi sebagai control panel kita dalam mengelola website.

Control panel itu untuk apa? yaitu untuk mengelola website kita yang ada di dalam server atau hosting tersebut. Dengan control panel itu, kita bisa melihat statistik pengunjung kita, menginstall ataupun menghapus website kita, mengelola email, dan masih banyak lagi, yang pastinya berhubungan dengan pengelolaan website yang kita miliki.

Memilih Antara cPanel/WHM atau Plesk

Biasanya, pihak penyedia hosting selalu memiliki paket-paket khusus yang sudah termasuk dengan control panel di dalamnya. Kita tidak bisa memilih mana yang kita inginkan, karena itu sudah menjadi satu dengan paket hosting yang digunakan. Jadi, pilihlah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

cPanel/WHM adalah control panel yang ada ketika server kita berbasis Linux. WHM dan cPanel ini bekerja bersama-sama. Sedangkan Plesk akan tersedia jika server kita berbasis Windows. Untuk lebih jelas tentang perbedaan keduanya, simak penjelasan di bawah ini:

cPanel/WHM

cPanel, control panel yang satu ini adalah yang paling populer. Ingat, bahwa Linux adalah open source, gratis, dan sebagainya? Ya, karena open source nya itu, makanya banyak penyedia hosting baik berbayar ataupun gratis yang menggunakan Linux (disamping karena performanya), dan tentunya sudah menggunakan cPanel untuk pengelolaannya.

cPanel

cPanel

Bayangkan jika hosting tidak ada cPanel untuk mengelola, pasti tidak semua orang bisa memiliki website jikalau harus berhubungan dengan terminal untuk melakukan pengaturan. cPanel ini tersedia di shared Hosting.

Nah, lalu bagaimana dengan WHM? WHM ini tidak tersedia di shared hosting. WHM memiliki fungsi yang lebih banyak lagi, karena berjalan di VPS dan Dedicated Server.

perbedaan cpanel/whm dan plesk

WHM

Plesk

Plesk memiliki fungsionalitas yang sama seperti cPanel. Plesk ini tersedia ketika kita menggunakan hosting dengan sistem operasi Windows.

Sekian tulisan singkat tentang Perbedaan antara cPanel/WHM dan Plesk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *