Pengertian Protocol

Protocol adalah sekumpulan rules pada sistem telekomunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi.

Anda mungkin sering mendengar istilah protocol. Misalnya internet protocol (IP), transmission control protocol (TCP) dan masih banyak lagi.

Anda sendiri mungkin tidak sadar bahwa ketika menggunakan komputer dan internet, anda telah berinteraksi dengan yang namanya protocol.

Protocol sangat penting untuk membangun komunikasi di antara dua aplikasi atau dua node tertentu.

Untuk memperjelas, post berikut ini memberikan contoh dan definisi dari protocol.

Pengertian Protocol

Seperti yang ditulis di atas bahwa protocol adalah sekumpulan rule yang digunakan untuk pertukaran informasi, maka untuk memperjelas berikut ini adalah beberapa contoh dari protocol.

Internet Protocol (IP), IP mendefinisikan unreliable packet transfer protocol.

Transmission Control ProtocolĀ  (TCP), TCP dibangun di atas IP untuk mendefinisikan data delivery protocol yang reliable.

Transport Layer Security (TLS), mendefinisikan protocol untuk memberikan privasi dan integritas data di antara dua aplikasi yang saling berkomunikasi. TLS berada di atas reliable transport protocol seperti TCP.

Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dibangun di atas TCP untuk mendefinisikan sebuah query response protocol untuk melakukan query terhadap keadaan dari remote database.

Untuk saling berkomunikasi, maka masing-masing end point atau node harus menerapkan protocol yang sama sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.

Selain beberapa protocol di atas, masih banyak sekali protocol yang digunakan di dalam dunia ITĀ  seperti File Transfer Protocol (FTP) FTPIPX/SPX, X.25, AX.25, AppleTalk dan lain-lain.

pengertian protocol
OSI Layer dan TCP/IP

Sekian post tentang pengertian protocol, Semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *