Manfaat Jaringan Komputer

Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai komponen jaringan komputer. Nah, setelah mengetahui apa saja komponen dari jaringan komputer, sekarang saya akan menulis tentang apa saja manfaat jaringan komputer.

Jaringan komputer dibuat bukan tanpa alasan, pasti ada sebab dan manfaat yang dimiliki oleh jaringan komputer tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dibuatnya jaringan komputer.

Berbagi informasi

Manfaat yang pertama tentunya adalah berbagi informasi. Dengan adanya jaringan, maka kita dapat berbagi informasi dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan. Contoh sederhananya, ketika kita sedang mengetik dokumen, dan teman kita di komputer lain hendak mengcopy dokumen tersebut, ktia tidak perlu membawa harddisk atau flashdisk untuk mengcopy. Karena berada dalam jaringan komputer yang sama, maka kita bisa memanfaatkan fitur shared folder yang ada di Windows.

Berbagi sumber daya atau resource

Contoh yang mudah kita bayangkan tentang manfaat jaringan komputer untuk berbagi sumber daya adalah ketika kita membeli printer di ruangan kerja kita di kantor. Bayangkan di dalam ruangan tersebut terdapat 10 komputer yang terhubung ke jaringan. Jika kita membeli printer sebanyak komputer di ruangan tersebut pastinya akan sangat boros bukan? Oleh karena itu sebenarnya kita hanya perlu membeli satu buah komputer saja kemudian menghubungkan printer tersebut ke jaringan. Alhasil setiap komputer dapat mengakses printer tersebut kapanpun dia mau.

manfaat jaringan komputer
Jaringan Internet

Hal seperti ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Contoh lainnya lagi adalah pada teknologi grid computing. Dengan adanya grid computing, maka komputer yang tadinya tidak mampu melakukan proses komputasi karena data yang diproses sangat besar, kini dapat meminjam sumber daya milik komputer lain. Penasaran? coba baca tulisan saya tentang grid computing.

Berbagi aplikasi

Manfaat yang terakhir yang saya tulis di sini adalah untuk berbagi aplikasi. Contoh sederhana dari berbagi aplikasi ini misalnya kita dapat mengerjakan sautu pekerjaan dengan banyak orang sekaligus. Ingat Google Drive kan? dengan Google Drive kita bisa mengetik di dalam dokumnen yang sama dengan beberapa orang secara bersamaan.

Contoh yang lain adalah ketika kita membuat aplikasi data entri yang berjalan di atas jaringan karena orang yang mengentri data lebih dari satu orang. Aplikasi yang digunakan adalah satu, tetapi penggunanya bisa banyak orang/komputer.

Bagaimana? menemukan manfaat jaringan komputer yang lain? Silakan share di sini ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *