Penjelasan Komponen Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Sebelum membahas tentang komponen jaringan komputer, ada baiknya kita tahu pengertian dari jaringan terlebih dahulu. Jaringan atau network adalah sekumpulan komputer, bisa dua atau lebih yang saling terhubung sehingga komputer-komputer tersebut bisa saling berkomunikasi. Berkomunikasi di sini bisa diartikan banyak hal, misalnya bisa saling berkirim email, bisa mengakses printer yang ada di jaringan, atau bahkan bisa saling berbagi dokumen yang ada di masing-masing komputer.

Semakin besar lingkup jaringan, maka akan semakin membutuhkan hardware yang khusus supaya jaringan tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh, jika hanya terdiri dari dua komputer, maka yang kita butuhkan supaya komputer tersebut dapat saling berkomunikasi hanyalah kabel dan switch. Jika terdapat lebih banyak komputer, maka switch dan kabel saja tidak akan cukup. Kita pasti membutuhkan router atau bahkan repeater.

Komponen Jaringan Komputer

Nah, berikut ini adalah komponen yang menyusun jaringan komputer itu sendiri.

Komputer klien

Komputer klien adalah komputer yang digunakan oleh pengguna biasa. Komputer klien itu ya komputer yang kita gunakan untuk bekerja. Biasanya, komputer klien memiliki sistem operasi Windows baik itu Windows 7,8, Vista ataupun XP.

Komputer server

Komputer server ini adalah komputer yang memberikan sumber dayanya untuk kepentingan klien. Komputer server memiliki akses internet, email server, web server, dan masih banyak lagi doftware yang terinstall di dalamnya, yang nantinya akan digunakan oleh klien.

Network Interface

Di setiap komputer pasti ada yang namanya network interface. Network interface ini adalah port tempat dicolokkannya kabel jaringan, biasa disebut dengan Ethernet. Ethernet ini sebenarnya adalah standar implementasi dari network interface.
Network interface ini seringkali disebut dengan NIC. NIC merupakan singkatan dari Network Interface Card. Dulu, ketika membeli komputer kita harus membeli juga NIC nya, tetapi sekarang, setiap komputer atau laptop yang kita beli, pasti sudah ada NIC nya yang menjadi satu dengan motherboard.

Kabel

Komponen yang satu ini sudah pasti tidak boleh terlupakan. Kabel inilah yang secara fisik menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lain. Kabel jaringan itu sendiri memiliki banyak jenis. Saat ini, kabel yang sering digunakan adalah twisted pair atau yang dinamakan 10BaseT.

Switch

Selain kabel, ada juga komponen yang menjembatani antar komputer sehingga dapat saling terhubung. Hal ini karena, komputer tidak akan secara langsung terhubung ke komputer lain melalui kabel. Kabel itu akan terhubung ke sebuah alat yang dinamakan switch. Selain switch, ada juga hub. Hub dan switch ini memiliki perbedaan. Teknologi yang lebih maju adalah switch.

switch
Switch

Jaringan wireless

Di zaman seperti sekarang ini, sudah banyak jaringan wireless terutama di kota-kota besar. Jaringan wireless ini tidak membutuhkan kabel. Meskipun terlihat modern dan simpel, tetapi jaringan wireless ini memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan jaringan yang menggunakan kabel.

Software jaringan

Jika semua komponen tersebut telah terpenuhi, tentunya tidak akan lengkap tanpa adanya software yang menjalankan dan mengkoordinasikan seluruh komponen di atas. Oleh karenanya, ada yang namanya software jaringan. Salah satu contoh dari software jaringan tersebut adalah NOS atau yang merupakan singkatan dari Network Operating System.

Sekian tulisan singkat tentang komponen jaringan komputer. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *