Cara Mengatasi No Host Only Network Adapter is Selected di VirtualBox

Posted in Jaringan, Tuesday, May 6th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Dengan adanya software seperti VirtualBox kita sangat diuntungkan ketika membutuhkan sistem operasi lain di dalam sistem operasi yang kita gunakan. Misalnya saja, kita pengguna Windows, ingin menjalankan atau menguji coba server Linux, tetapi karena komputer kita hanya satu, dan tidak memungkinkan (misal) untuk dual boot, maka VirtualBox adalah solusinya.

Kita bisa tetap belajar Linux meskipun secara virtual dan tetap menggunakan Windows. Cara seperti ini meminimalisir terbuangnya waktu untuk membuat partisi dan segala effort saat install sistem operasi tersebut.

Cara Mengatasi No Host Only Network Adapter is Selected di VirtualBox

Ceritanya, saya sedang utak atik RApache. RApache ini adalah ekstensi R agar bisa jalan di atas Apache web server. Jadi kita bisa bikin aplikasi website PHP yang digabungkan dengan bahasa R.

RApache ini hanya berjalan di Linux, padahal saya menggunakan Windows untuk pengembangannya. Oleh karena itu saya perlu menggunakan VirtualBox untuk menginstall Linux secara Virtual di dalam Windows yang saya gunakan. Ini project punya seseorang sih, saya hanya bantu-bantu aja hehe hehe.

Di sisi lain, di dalam VirtualBox itu ada beberapa pilihan konfigurasi network adapter, yaitu Host Only, NAT, dan Bridge, lengkapnya baca di sini ya: Perbedaan NAT, Bridge, Host Only di Virtual Box

Nah suatu ketika, saat menjalankan Virtual Box dan hendak mengeset network adapternya ke host only, ternyata muncul error di Virtual Box:

No Host Only Network Adapter is Selected di VirtualBox

Dan pilihan host only tidak bisa digunakan.

No Host Only Network Adapter is Selected

No Host Only Network Adapter is Selected

Cara Mengatasi Pesan Error

Untuk mengatasi error tersebut, kita perlu mengecek terlebih dahulu apakah network adapter VirtualBox host only di Network Connections Windows kita sudah di enable atau belum. Kalau belum, pastikan Anda melakukan klik kanan di VirtualBox Host-Only Network dan klik Enable.

VirtualBox Host-Only Network

VirtualBox Host-Only Network

Jika sudah di enable, pasti pilihan network adapter Host Only dapat digunakan kembali di VirtualBox. Berikut ini adalah screenshot ketika error tersebut hilang.

Virtual Box

Virtual Box Oke

Sekian tutorial tentang Cara Mengatasi No Host Only Network Adapter is Selected di VirtualBox.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *