Ingin Beli Domain? Inilah Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Kadangkala Anda mungkin merasa bosan dengan nama blog yang ada embel-embel blogspot, wordpress, ataupun subdomain free blogging lainnya. Ketika hal itu terjadi, mungkin saja Anda ingin membeli domain agar alamat URL blog Anda menjadi lebih keren dibaca.

Membeli domain tidaklah susah, banyak sekali web Indonesia yang menjual domain. Yang perlu kita siapkan adalah uang (hahaha ya pasti donk) dan ATM, atau ongkos buat ke Bank. Yups, salah satu alat transaksi yang bisa digunakan saat membeli domain adalah transfer bank lokal. Ini tentu saja jika Anda membeli dari penyedia domain yang penjualnya perusahaan Indonesia.

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Selain uang, nama domain juga harus Anda persiapkan betul-betul 😀 Kenapa? Karena Anda membeli domain tidak untuk satu dua bulan, melainkan untuk setahun. Jadi sebelum membeli domain, Anda harus memikirkan kira-kira nama domain apa yang tepat dan cocok untuk Anda, maupun untuk blog yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih nama domain yang bagus, yang mungkin dapat Anda jadikan patokan dalam mencari nama domain.

Domain yang mudah diingat

Domain yang mudah diingat adalah tips yang pertama dapat Anda pertimbangkan. Bayangkan jika domainnya susah diingat, jangankan pengunjung akan banyak, bisa-bisa Anda sendiri lupa nama domainnya, hehe. Mudah diingat juga berarti mudah diucapkan, dua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Jangan terlalu panjang

Pertimbangan yang kedua ketika memilih nama domain adalah, jangan gunakan nama yang terlalu panjang. Selain susah diingat, nama domain yang terlalu panjang juga bisa menjengkelkan, apalagi jika nama domainnya alay!

Ya, gunakan nama yang jumlah karakternya sewajarnya saja. misalnya cukup gunakan maksimal dua kata saja, dan ketika dihitung, jumlah karakternya tidak melebihi 15 karakter. Syukur-syukur jika anda bisa mendapatkan nama domain dengan satu kata.

tips memilih nama domain yang bagus

Sesuaikan dengan tema dan tujuan web atau blog

Tips yang ketiga ini juga cukup penting. Jika blog Anda bertema pemrograman, Anda mungkin bisa mencari nama domain yang mengandung kata code, program, atau yang lain terkait dengan pemrograman. Mengapa harus seperti itu? Hal ini karena supaya dengan hanya membaca alamat domain Anda, orang sudah memiliki bayangan isi dari website atau blog yang Anda milliki.

Pastikan nama domainnya tersedia!

Meskipun ini yang terakhir, tetapi ini adalah tips yang paling penting! Pastikan nama domain yang akan Anda beli tersedia, Anda mungkin bisa mengeceknya di halaman web tempat jual domain tersebut. Jadi, selain memikirkan nama domain, Anda dapat mencoba-coba domain sasaran Anda di kotak pengecekan website tersebut.

Sekian tips memilih nama domain yang bagus, semoga Anda bisa menemukan nama domain yang cocok.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *