Sering Bikin Project, Jangan Lupa Backup di Cloud

Bagi Anda yang sering bikin project, tugas kuliah ataupun file yang berkaitan dengan pekerjaan dan itu penting, ada baiknya untuk dibackup ke dalam cloud. Dengan melakukan backup ke dalam cloud, kita akan mendapatkan beberapa kelebihan, salah satunya adalah file penting kita tadi dapat diakses dimana saja.

Apakah itu saja? Tentu saja masih ada keuntungan yang lain. Saya akan coba menulis dari alasan kenapa backup itu penting, sampai dari sisi kelemahan backup menggunakan cloud itu sendiri. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Kenapa Backup Diperlukan?

Backup itu penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang. Bisa saja komputer yang dipakai untuk menyimpan data rusak, partisi terformat, ataupun file tersebut tidak sengaja terhapus. Nah kalau sudah kejadian seperti itu, kita hanya bisa meratapi nasib karena file penting tadi hilang hehe.

Dulu rekan saya ada yang pernah mengalami hal seperti itu, dia sedang mengerjakan suatu proyek dan suatu ketika dia juga ingin menginstall ulang komputernya. Celakanya, dia lupa membackup file dari project yang dia kerjakan.Nah, kejadian deh file project yang sudah dikerjakan berhari-hari itu hilang tak berbekas. Backup belum pernah dilakukan dan sekarang dia harus mengulang

Kenapa Menggunakan Cloud?

Backup sebenarnya bisa dimana saja, bisa di flashdisk, harddisk, atau di CD. Lalu kenapa menggunakan cloud? Ini tentu ada alasannya. Jika kita menggunakan cloud, maka file tersebut bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Kita tidak perlu khawatir kalau-kalau file yang harus dibawa tertinggal seperti halnya kalau kita menggunakan flashdisk.

kenapa backup diperlukan

Ketika kita butuh file ini itu, kita tinggal login saja ke cloud dan bisa mendownload file tersebut ke komputer atau bahkan smartphone yang digunakan.

Kelemahan dari Cloud Backup

Selain kelebihan, tentu saja ada kelemahan. Salah satu kelemahan tersebut juga bagian dari kelebihan itu sendiri. Misalnya, karena file tersebut dapat diakses dimanapun, berarti kita harus lebih berhati-hati menjaga akun cloud kita. Username dan Password harus kita jaga supaya tidak ada orang lain yang tahu, apalagi kalau kita sering menggunakan komputer yang bukan milik pribadi.

Kelemahan yang kedua tentunya terkait dengan koneksi internet. Untuk melakukan sinkronisasi file, kita membutuhkan koneksi internet yang cukup. Cukup dalam artian cukup cepat, dan cukup paketnya hehe. Hal tersebut tentu saja tergantung dari internet provider yang Anda gunakan.

Beberapa Layanan Cloud yang Gratis

Terkait layanan cloud yang gratis, ada banyak sekali yang bisa digunakan. Google Drive, kini menyediakan 15 GB secara gratis. Sky Drive, Dropbox, Box, dan masih banyak lagi fasilitas cloud juga menyediakan dengan size yang beragam. Semua fasilitas tersebut juga telah mempunyai aplikasi yang dapat diinstall di komputer atau laptop kita, sehingga file tersebut dapat tersinkronisasi secara otomatis jika kita terhubung dengan internet.

Sekian ulasan singkat kenapa backup diperlukan. Melihat banyaknya kelebihan membackup file di cloud, apakah Anda tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *