Cara Membatalkan Email yang Sudah Dikirim [Gmail]

Pasti di antara kita ada yang pernah mengalami “salah kirim email” ya kan? entah salah ketik isi emailnya atau memang salah isi alamat tujuan yang jelas salah kirim email bisa berakibat fatal apalagi jika email yang sudah terlanjur dikirim itu adalah email yang bersifat rahasia.

Jika menggunakan Gmail, kita bisa tuh mengaktifkan fitur pembatalan email sehingga email yang tadinya dikirim bisa kita undo dan tidak jadi dikirim. Penasaran? Baca tulisan ini sampai selesai yaa.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Dikirim [Gmail]

Sekali lagi, tutorial cara membatalkan email yang sudah dikirim ini untuk Gmail ya, jadi kalau emailnya pake Yahoo, atau selain Gmail, sepertinya tidak ada cara undo email.

Oke, kita mulai, pertama masuk ke akun email Gmail kita dan klik icon gear yang berada di sebelah kanan atas, pilih Settings. Kalau akun teman-teman pakai bahasa Indonesia ya cukup sesuaikan aja, Settings berarti Pengaturan dll đŸ™‚

Setelah masuk ke Settings, pilih tab Labs.

Kemudian pada Search for a lab: ketikkan keyword “Undo” maka di hasil pencarian paling pertama akan muncuk “Undo Sent”, plugin inilah yang berfungsi untuk membatalkan email yang sudah dikirim tadi.

Untuk mengaktifkan Undo Sent, pilih radio button yang “enable” dan klik Save Changes

cara membatalkan email
Undo Sent

Perlu diketahui bahwa Labs, tempat kita mengaktifkan Undo Sent  itu sendiri adalah experimental fitur sebagai hasil pekerjaan dari developer-developer Google. Berhubung namanya “experimental”, berarti ada kemungkinan terjadinya bug, dan lain sebagainya.

Setelah di save, cobalah untuk mengirim email, beberapa saat setelah email di sent, kita dapat melakukan Undo dengan cara mengeklik Undo Sent di bagian tengah atas layar. Ingat, jika terlalu lama maka link Undo tersebut akan hilang dalam waktu kurang dari 30 detik tergantung konfigurasi kita.

Bagaimana? bermanfaatkan fitur Gmail yang satu ini? Untuk mengubah timing tersedianya undo sent ini ikuti tutorial di Cara Setting Waktu Undo Sent untuk Cancel Email.

Sekian cara membatalkan email yang sudah dikirim, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *