Monitoring Grid dengan Menggunakan Ganglia

Monitoring merupakan hal yang penting di dalam jaringan, terutama jika jumlah host di dalam network sangat besar.

Berhubung saya sedang belajar tentang grid computing, maka konsep monitoring di sini disesuaikan dengan monitoring resources di dalam grid.

Di dalam grid, monitoring resource sangat penting karena kita perlu tahu bagaimana keadaan resource yang berada di dalam grid secara real time seperti berapa CPU usage dan memori yang tersedia di dalam resource tersebut.

Ada banyak sekali tool monitoring yang digunakan di lingkungan grid, seperti Nagios, Ichinga, dan Ganglia.

Monitoring Grid dengan Menggunakan Ganglia.

Ganglia adalah salah satu tool yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap infrastruktur cluster, grid, atau cloud.

Ganglia adalah tool yang sangat powerfull baik secara konseptual maupun secara operasional.

Ganglia dapar berjalan di berbagai OS dan mampu memonitor network yang sangat besar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dipertimbangkan sebagai alasan untuk menggunakan Ganglia

Jumlah komputer yang sangat banyak dan ingin dimonitor keadaannya secara real time.

Tidak menolak ide untuk melakukan maintenance terhadap config di seluruh host.

Host dapat diorganisasikan ke dalam grup dan OS yang digunakan dapat menerima multicast dan atau User Datagram protocol (UDP).

Komponen Ganglia

Ganglia tersusun dari tiga buah daemons yaitu gmond, gmetad, dan gweb. Masing-masing daemon tersebut dapat berjalan sendiri tanpa tergantung dari dua komponen lainnya, tetapi untuk dapat memanfaatkan Ganglia, kita membutuhkan ketiga komponen tersebut.

gmond terinstal di setiap host yang akan dimonitor dan bertanggungjawab untuk berinteraksi dengan sistem operasi untuk mengukur CPU load dan kapasitas disk.

gmetad adalah “poller” yang meberikan list dari node cluster, akan menghitung setiap cluster, menulis apapun value yang diberikan dari setiap metric di setiap host ke sebuah round robin database.

gweb merupakan program yang ditulis dengan PHP bertugas untuk melakukan visualisasi dalam bentuk grafik dengan warna yang memiliki makna tertentu.

Bagi anda yang tertarik mempelajari Ganglia atau bahkan ingin menggunakannya, anda dapat mengunduh Ganglia dari website resminya di http://ganglia.sourceforge.net/.

Selain itu anda juga dapat membeli buku (atau cari di internet –a) buku tentang Ganglia yang berjudul Monitoring with Ganglia.

monitoring grid dengan menggunakan ganglia
Monitoring with Ganglia

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *