Kelemahan Cloud Computing

Meskipun banyak keuntungan dari penggunaan cloud computing, bukan berarti teknologi cloud tidak memiliki kelemahan.

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai kelebihan dari cloud computing ini. Anda dapat membacanya keuntungan menggunakan teknologi cloud.

Pada post ini akan dijelaskan beberapa kelemahan dari teknologi cloud, termasuk di antaranya adalah isu-isu dari penggunaan Cloud Computing.

Kelemahan Cloud Computing

Perusahaan atau seseorang yang menggunakan teknologi cloud untuk menjalankan bisnisnya harus mengetahui dan memastikan layanan yang diperoleh dari apa yang dia bayar. Untuk itu mereka perlu memperhatikan kelemahan yang dimiliki oleh teknologi cloud ini.

Service Level

Tiap layanan memiliki kemampuan yang berbeda, selalu ada batasan tergantung dari service yang kita gunakan. Selain itu, cloud provider bisa saja tidak konsisten dengan performance dari application atau transaksi.

kelemahan cloud computing
Cloud Computing

Privasi

Ingat bahwa dengan menggunakan cloud, maka data kita disimpan di dalam server dimana server tersebut bukanlah milik kita. Cloud provider bisa saja mengakses data milik anda tanpa sepengetahuan anda.

Compliance

Perusahaan pengguna cloud computing harus memperhatikan regulasi dari bisnis yang dimiliki. dalam hal ini secara teoritis cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud. Namun, mengingat bahwa cloud masih relatif muda, pemilik data diharapkan untuk berhati-hati dalam hal penyimpanan data.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *