Globus Toolkit: MDS4 Services

Dalam MDS4 terdapat dua services yang berbasis WSRF yaitu Index Services dan Trigger Services.

Index Service bertugas untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan memberikan interface query/subscription terhadap data tersebut.

Trigger Service bertugas untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan melakukan konfigurasi terhadap data tersebut untuk diambil tindakan lebih lanjut.

Selain itu, terdapat Archive Service yang memberikan akses terhadap data yang telah lampau yang dapat digunakan untuk masa yang akan datang.

Index Service adalah sebuah registry yang mirip dengan UDDI tetapi lebih fleksibel. Index mengumpulkan informasi dan mempublikasikan informasi tersebut sebagai resource properties. Klien menggunakan interface query dan subscription/notifikasi WSRF resource properties yang standard untuk mengambil informasi dari Index. Index dapat saling meregister satu sama lain (dalam bentuk hierarki) dalam rangka menggabungkan data di beberapa level. Index adalah “self-cleaning”, masing-masing entry index memiliki lifetime dan akan dihapus dari index jika tidak di “refresh” sebelum habis masa berlakunya.

Masing-masing Globus container yang terinstall MDS4 akan secara otomatis memiliki instance Index service secara default. Service GRAM, RFT atau CAS yang berjalan di dalam container tersebut akan secara otomatis meregister dirinya sendiri ke container Index Service

Trigger Service mengumpulkan informasi dan membandingkan data berdasarkan sekumpulan kondisi dan mendefinisikannya di sebuah file konfigurasi. Ketika suatu kondisi bertemu atau dijalankan, maka sebuah aksi akan dilakukan, seperti melakukan email ke sistem adminsitrator ketika ruang hardisk yang tersisa di server mendekati batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *