Cara Membuat Animasi Menggunakan Flash

Animasi berbentuk flash memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan animasi Javascript biasa. Hal ini karena animasi berbentuk flash terlihat lebih hidup dan menarik, meskipun seringkali memakan size yang cukup besar untuk dibuka dengan koneksi internet pas-pasan.

Kemarin saya mendapat project untuk membuat animasi flash. Animasi tersebut adalah animasi tentang kendaraan seperti mobil dan pesawat yang bergerak. Ketika mobil bergerak roda juga harus ikut berputar.

Masalahnya adalah, saya sudah dua tahun tidak menggunakan Flash, jadi project tersebut adalah sebuah tantangan yang layak untuk ditaklukan.

Cara Membuat Animasi Menggunakan Flash

Sebenarnya membuat animasi mobil bergerak itu tidak terlalu sulit. Dengan kemampuan pas-pasan kita sudah bisa membuat animasi yang sederhana tetapi tetap memukau.

Permasalahannya adalah, saya sendiri sudah sekian lama tidak menggunakan Adobe Flash sehingga menjadi “grogi” saat ingin membuat animasi tersebut.

Singkat cerita, saya browsing ke Youtube dan mencari tutorial cara membuat animasi menggunakan flash. Alhamdulillah ketemu juga tutorial yang cocok.

Tutorial tersebut tidak susah untuk dipahami, hanya saja ya… anda harus bersabar sedikit untuk buffer apalagi kalau koneksi internet pas-pasan seperti saya hehe.

cara membuat animasi menggunakan flash
Adobe Flash Professional CS5

Bagi anda yang ingin membuat animasi mobil bergerak dengan menggunakan flash, barangkali anda dapat mencari inspirasi dari video berikut ini.

Semoga bermanfaat

8 Comments


  1. Betul gan, animasi flash punya kelebihan sendiri dibanding javascript biasa. Sekarang ini kebanyakan flash semakin berkembang penggunaanya. Banyak yang sudah menggunakan flash untuk keperluan bisnis seperti membuat company profile dll.
    Salam kenal gan…maju terus…

    Reply

  2. may I get your email?
    I desperately need help in developing my project..

    Reply

  3. gan, minta link download adobe flash pro cs 6 nya gan..
    urgent nih.. minta pentunjuknya gan..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *