Komponen Database Management Sistem

Posted in Database, Thursday, February 14th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Database Management Sistem atau DBMS adalah teknologi yang mendukung untuk pengelolaan data terorganisasi. Dengan menggunakan DBMS kita dapat membuat database lengkap dengan struktur logical dan constraint-nya.

DBMS melalui user interfacenya juga memudahkan kita untuk melakukan sesuatu seperti menyimpan, mengupdate, dan menghapus data yang ada di dalam database.

DBMS memiliki komponen-komponen yang memiliki fungsi penting untuk mendukung fungsinya sebagai pengelola data yang terorganisasi.

Komponen Database (DBMS)

Query Processor adalah komponen DBMS yang merubah query ke dalam instruksi tingkat rendah sehingga dapat dibaca oleh database manager

Database Manager

Database manager adalah komponen DBMS yang bertugas menerima query dan menguji eksternal dan conseptual schema untuk menentukan apakah record-record dibutuhkan untuk memenuhi permintaan.

File Manager

File manager adalah komponen DBMS yang memanipulasi penyimpanan file dan mengatur alokasi ruang penyimpanan pada disk. File manager bertanggung jawab terhadap penyimpanan data.

komponen database management sistem

DML Preprocessor

DML preprocessor adalah komponen DBMS yang merubah perintah DML embedded ke dalam program aplikasi dalam bentuk fungsi-fungsi yang dipanggil dalam host language.

DDL Compiler

DDL compiler adalah komponen DBMS yang bertugas merubah perintah tingkat tinggi (high level commands) menjadi bahasa tingkat rendah ( low level commands) sehingga didapatkan kumpulan label yang berisi metadata.

Dictionary manager

Dictionary manager adalah komponen DBMS yang mengatur akses dan memelihara data dictionary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *