Pengen Ngeblog Tapi Males Buka Blog? Pake ini aja Gan!

Posted in Blog, Internet, Monday, June 23rd, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Bahkan orang yang hobi ngeblog-pun pasti pernah mengalami bosan dan males untuk ngeblog. Untuk itu, kita perlu trik-trik khusus agar bisa tetap ngeblog meskipun kita sedang males buka blog.

Sebelumnya, perlu kita identifikasi dulu nih, kira-kira apa penyebab kita males ngeblog? Apakah koneksi internet lelet? ataukah kehabisan ide untuk menulis? Ya, itu kembali ke diri kita sendiri. Jika koneksi internet lelet, ya sebaiknya cari cara supaya bisa dapat koneksi internet yang lancar dan wuss…kenceng.

Tapi kalau kita kehabisan ide, nah itu berarti kita perlu refreshing dulu, cobalah jalan-jalan ke suatu tempat atau cobalah melakukan sesuatu hal yang jarang-jarang kita lakukan, nguras bak kamar mandi misalnya, hehehe just kidding.

Pengen Ngeblog Tapi Males Buka Blog? Pake ini aja Gan!

Kembali ke judul utama tulisan ini, saya sendiri kadang merasa bosan kalau harus buka blog dari browser. Hal ini mungkin dikarenakan koneksi internet yang sering bermasalah, sehingga ketika buka blog terasa lama loadingnya.

Untuk menyikapi hal seperti itu, saya mencoba untuk ngeblog tanpa harus buka blog dari browser. Penasaran bagaimana caranya?

Ya, mungkin Anda sudah pernah dengar software yang satu ini: Windows Live Writer, kalau belum berarti kebetulan sekali!

Windows Live Writer

Windows Live Writer adalah software untuk ngeblog dari Microsoft. Dengan menggunakan software ini kita bisa menulis artikel, menambahkan gambar, audio, tag, dan kategori dari artikel tanpa harus membuka blog kita dari browser. Windows Live Writer ini bisa kita gunakan untuk bermacam-macam tool blogging, Blogger dan WordPress sudah masuk pastinya.

Kelebihan Windows Live Writer ini adalah kita dapat menulis artikel tanpa harus terkoneksi dengan internet. Jadi buat yang koneksi internetnya susah, bisa ngetik di software ini dulu. Oh iya, tapi tetap ya, untuk setup akun blog pertama kali dan posting artikel kita harus tetap terkoneksi dengan internet.

Kelebihan kedua adalah kita jadi punya backup dari artikel yang kita tulis di local komputer kita. Jadi sewaktu-waktu apabila terjadi sesuatu dengan blog kita di internet, kita masih punya backupnya di local.

Masih ada kelebihan yang lain?

Masih ada donk, ketika kita mengetik, kita akan langsung disuguhkan tampilan ketika artikel tersebut sudah diposting, jadi terasa semacam live posting semacam itu.

Kelebihan yang lainnya masih sangat banyak, yang jelas kita tetap bisa edit source code, tambahkan images, dan bla bla bla-nya.

Contoh screenshotnya kayak gini nih:

Ini kalau tampilan kita ngetiknya

windows live writer

Windows Live Writer

Nah kalau ini tampilan previewnya, gimana? miripkan dengan aslinya ketika diposting.

windows live writer preview

Preview

Kalau ini tampilan editor sourcenya, jadi kita tetep bisa pake sytax html di sini.

windows live writer source

Edit Source

Dimana bisa di download Windows Live Writer?

Downnload di sini gan! >> http://www.microsoft.com/id-id/download/details.aspx?id=8621

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *