Menghindari Software Bajakan

Software Bajakan – Beberapa dari anda mungkin tidak ambil pusing dengan software yang anda digunakan. Saya juga yakin bahwa sebagian besar dari anda yang membaca artikel ini pasti menggunakan software bajakan.

Ya, software bajakan memang telah merajalela di negara kita tercinta. Saya ambil contoh: ketika kita meminta ke tukang service untuk menginstall ulang komputer kita.

Apakah dari anda ada yang bertanya tentang keaslian software tersebut? Saya yakin tidak. 

Lalu, kenapa sih memakai software bajakan? pasti karena mudah didapat, gratis, ya kan?

Menghindari Software Bajakan

Berikut saya memberikan beberapa alasan untuk menghindari software bajakan, saya berharap kita semua bisa meninggalkan software bajakan dan menggunakan yang asli:

Melanggar hak cipta

Dengan menggunakan software bajakan berarti kita telah melanggar hak cipta dari si pemilik software. Bayangkan saja misalkan anda susah payah membuat software untuk dijual dan digunakan masyarakat lalu tiba2 teman anda membajaknya. Pasti tidak senang kan?

menghindari software bajakan alasan kenapa jangan menggunakan software bajakan

Resiko keamaman

Banyak software bajakan yang disusupi oleh virus, terutama pada keygen atau crack yang harus diinstall. Demi keamanan, maka anda sebaiknya tidak menggunakan software bajakan

Membantu pengembangan software

Dengan menggunakan software asli, secara tidak langsung anda telah membantu developer dalam mengembangkan software. Developer kan juga manusia, butuh duit buat makan, kalau softwarenya anda bajak, dia nanti makan apa? He he

Selain 3 alasan diatas, masih banyak alasan yang mengharuskan kita untuk menghindari software bajakan. Silakan kalau ada yang ingin menambahkan.

2 Comments


  1. kalau memang software kemahalan (bahkan u/ org2 tertentu harganya sangat mahal) trus bgmn? yang dibajak kan software dari developer kelas dunia toh meski dibajak begitu si bill gates masih jadi org terkaya di dunia, kalau bikin postingan yang berimbang dong. pembajakan juga menunjukkan bahwa security produk anda lemah, perbaiki dong kalau memang nggak mau di bajak! dasar pelit luh!

    Reply

    1. berimbang bagaimana? adakah yang salah dari postingan saya??
      jika harga software mahal, ada banyak alternatif software yang gratis!
      disini saya berpikir bahwa saya adalah seorang developer, bagaimana perasaan anda jika hasil karya anda dibajak???
      saya sendiri juga masih menggunakan beberapa software bajakan, tapi bukan serta merta menyalahkan si pemakai, karena memang harga software berbayar relatif mahal!
      terlebih lagi sistem pendidikan kita yang secara tidak langsung mengarahkan ke software berbayar tanpa adanya pendidikan mengenai hak cipta!
      security lemah?? iya, tapi membajak karena security lemah bukan lah alasan yang tepat!
      inti dari postingan ini adalah mengajak kita untuk tidak menggunakan software bajakan, bukan menyalahkan!
      jadi anda lah yang tidak cermat dalam membaca 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *