Langkah-langkah Pembuatan Website

Membuat website bukanlah hal yang sulit, ada banyak cara untuk membuat website dengan mudah. Anda tidak perlu berkutat dengan rumitnya bahasa pemrograman, karena banyak fasilitas alternatif yang dapat digunakan untuk membuat desain sebuah website tanpa harus berkutat dengan source code.

Tentukan Konsep

Dalam membuat website, yang perlu anda lakukan adalah membuat konsep yang kuat mengenai website tersebut. Misalnya, menentukan website apa yang akan anda buat,  konten yang akan diisikan pada website tersebut, dan sasaran website tersebut.

Tentukan Domain

Domain adalah hal yang penting, semakin bagus nama domain, tentunya akan semakin mudah diingat oleh orang. Nama domain sebaiknya melambangkan isi dari website yang anda buat. Untuk mendapatkan sebuah domain anda dapat menggunakan baik yang gratisan maupun yang berbayar. Untuk nama-nama domain yang bagus, tentunya anda harus membeli.

Tentukan Tempat Hosting

Setelah anda menentukan konsep yang anda buat, anda dapat segera menentukan tempat hosting untuk web anda. Anda dapat menggunakan hosting yang berbayar, maupun gratisan. Jika website yang anda buat hanya sekedar untuk senang-senang atau tidak memiliki tujuan yang kompleks. Maka anda dapat menggunakan yang gratisan. Banyak sekali tempat hosting gratisan yang dapat anda gunakan. Misalnya idhostinget, 000webhost, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, jika website anda memiliki tujuan yang kompleks, misalnya anda ingin membuat website yang memiliki tujuan jangka panjang, seperti website penjualan, bisnis maka saran saya sebaiknya anda jangan memakai hosting gratisan, karena di hosting gratisan memiliki banyak keterbatasan. Anda akan membutuhkan bandwidth dan space yang lumayan besar.

Teknologi informasi terus berkembang di dunia ini menghubungkan segala bentuk device yang ada di user
Jaringan

Membangun Website

Setelah semua kebutuhan di atas terpenuhi, anda dapat mulai membangun website anda sendiri. Tentunya anda ingin sesuatu yang serba simple untuk membangun website. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal, atau Joomla untuk membangun website anda. Di dalam CPanel hostingan anda biasanya terdapat aplikasi untuk melakukan instalasi CMS tersebut secara mudah. Atau anda juga dapat menggunakan fasilitas website builder yang biasanya juga terdapat di CPanel website anda.

Implementasi Website

Setelah semua terpenuhi, anda memiliki website yang sudah running, maka yang harus anda lakukan adalah mengisi konten dan segera mempromosikan ke dunia luar. Selamat Membangun Website!

1 Comment


  1. Artikel yang bagus, ada satu lagi mas untuk membuat website dengan mudah bisa menggunakan http://www.pekku.com, platform untuk membuat website, buatan anak Indonesia loh 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *