Etika Menggunakan Komputer

Etika memiliki peran yang besar dalam pergaulan karena dengan etika seseorang dapat dikatakan baik atau buruk. Ternyata etika bukan hanya digunakan ketika bergaul dengan masyarakat saja, tetapi juga digunakan ketika kita berinteraksi dengan komputer.

Ketika komputer pertama kali digunakan masyarakat, seringkali timbul perdebatan mengenai masalah “etika” di dalam penggunaannya. Maka dari itu Computer Ethics Institute mendefinisikan 10 etika menggunakan komputer, yang ditulis dalam The Ten Commandments of computer ethics:

1. Thou shalt not use a computer to harm other people:
Tidak menggunakan komputer untuk menyakiti orang lain, misalnya menggunakan notebook untuk memukul teman kita. Haha keren banget mukul temen pake notebook. Contoh lainnya adalah tidak membuat program/virus yang digunakan untuk merugikan orang lain.

2. Thou shalt not interfere with other people’s computer work:
Tidak ikut campur dalam pekerjaan orang lain, misalnya kakak kita sedang mengetik skripsi, lalu ketikannya kita edit-edit supaya salah semua. Nah! yang seperti itu tidak boleh.

3. Thou shalt not snoop around in other people’s files:
Tidak membuka atau melihat file-file milik orang lain tanpa ijin. Misalnya, saat teman kita ke kamar mandi, kita diam-diam melihat isi folder Dokumennya.

etika menggunakan komputer ten commandments computer ethics

4. Thou shalt not use a computer to steal:
Tidak menggunakan komputer untuk mencuri, misalnya kita menggunakan komputer untuk mencuri akun password facebook cewek idaman kita. Nah! yang seperti itu juga tidak boleh.

5. Thou shalt not use a computer to bear false witness:
Tidak menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu. Contoh konkritnya misalkan kita menulis sebuah artikel palsu tentang suatu event atau tentang seseorang. Nah yang seperti itu tidak boleh.

6. Thou shalt not use or copy software for which you have not paid:
Tidak menggunakan atau menduplikat software yang kita tidak membayarnya. Nah ini nih yang pasti sering anda lakukan. Intinya ktia tidak boleh menggunakan software bajakan, karena selain melanggar hak cipta, hal itu juga termasuk pencurian. Silakan baca di sini tentang beberapa alasan kenapa kita sebaiknya tidak menggunakan software bajakan.

7. Thou shalt not use other people’s computer resources without authorization:
Tidak menggunakan komputer orang lain tanpa ijin, misalnya kita sedang butuh DVD eksternal, kemudian kita liat di meja ada DVD milik teman kita. Nah!  tidak seharusnya kita menggunakannya tanpa ijin.

8. Thou shalt not appropriate other people’s intellectual output:
Misalnya ada teman kita yang jago bikin program, kemudian kita copas source code miliknya dan kita klaim bahwa itu adalah source code kita. Ini namanya tidak menghargai hasil intelektual orang lain. Ga boleh yaa!

9. Thou shalt think about the social consequences of the program you write:
Memikirkan konsekuensi dari program yang kita tulis. Misal nya kita suka bikin animasi lalu menguploadnya ke Youtube. Kita juga harus memikirkan efek dari animasi yang kita buat. Jangan sampai mengandung konten yang berbahaya bagi orang lain misalnya anak-anak.

10 Thou shalt use a computer in ways that show consideration and respect:
Menggunakan komputer dengan penuh pertimbangan dan respek. Kadangkala ada situasi dimana kita harus menunggu untuk mendapatkan yang kita inginkan. Misalnya kita sedang mendaftar ke sebuah website dan menunggu konfirmasi dari admin. Jika prosesnya lama, tidak boleh kita melakukan DoS (Denial of Service) ke website tersebut haha.

Sekian penjabaran  The Ten Commandments of computer ethics dari saya, mohon maaf kalau contohnya agak aneh dan geje hehe. Semoga kita bisa menerapkan 10 etika di atas ketika kita berinteraksi dengan komputer.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *