Dokumentasikan Sebelum Lupa, Buat Blog itu Menyenangkan!

Pernah ga sih suatu ketika kita melakukan sesuatu dengan susah payah dan di kemudian hari lupa bagaimana cara melakukannya? Misalnya saja cara pas setting server, pake suatu library, framework, ataupun kasus lain yang seringkali kita alami.

Pasti pernah kan! Rasanya pasti jengkel-jengkel gimana gitu 😀

Jangan sampai~lah kita reinvent the wheel, sesuatu yang pernah kita lakukan, hanya karena LUPA trus kita butuh waktu berjam-jam untuk mengingat ingat mencari solusinya, dan akhirnya googling lagi baru ketemu caranya.

Dokumentasikan Sebelum Lupa, Buat Blog itu Menyenangkan!

Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan mendokumentasikannya. Dokumentasi bisa macam-macam, entah ditulis di kertas, dicatat di HP, diupload di facebook, tapi yang jelas bukan cuma diingat-ingat. Kalau sekedar diingat-ingat pasti lupa dan masalah lupa akan muncul dikemudian hari.

Karena saya suka buat blog, maka saya selalu tulis tentang pengalaman, pembelajaran atau apapun yang sekiranya berguna kalau ditulis. Dengan ditulis berarti saya telah belajar dua kali, belajar mengingat apa yang dilakukan dan belajar menuliskannya, berarti saya mengingatnya lagi.

Kalaupun nggak lupa saat melakukan kasus yang sama dikemudian hari, tulisan saya insya Allah bermanfaat buat orang yang mengalami kasus serupa. Itulah alasan kenapa saya suka ngeblog!

Buat Blog itu Menyenangkan

Baru-baru ini ada teman saya yang buat blog. Dia banyak bertanya tentang bagaimana proses pesan domain, hosting, dan CMS apa yang paling enak buat ngeblog. Setelah saya beri sedikit masukan, akhirnya jadilah ia membuat blog dengan menggunakan hosting sendiri.

Memang banyak sekali fasilitas blogging yang gratis di luar sana, ga perlu bayar domain, hosting, dan instalasi ini itu. Tetapi bagi sebagian orang membuat blog yang memiliki nama domain sesuai keinginan lebih asyik, apalagi jika suka utak-atik theme dan kode-kode HTML.

Terkait dengan CMS, saya menganjurkan untuk menggunakan WordPress apabila Anda hosting sendiri, karena selain mudah digunakan, WordPress memiliki segudang fitur yang siap memanjakan Anda dalam aktifitas ngeblog. Dari ribuat pilihan theme, sampai plugin-plugin semuanya tersebar secara luas di internet.

Sedangkan Anda yang lebih memilih blog gratisan, saya sangat menganjurkan untuk menggunakan Blogspot. Blogspot adalah tool blogging yang penuh fitur, terlebih lagi Blogspot adalah anak dari Google yang artinya tulisan-tulisan Anda akan lebih cepat terindex di Google.

buat blog
Dokumentasikan yang kita kerjakan

Ga Ada Ide Buat Nulis?

Menulis adalah hobi, jadi bagi seseorang yang punya hobi nulis, tidak ada istilah “ga ada ide”, ide bisa muncul kapan saja, dimana saja.

Memang kadangkala ide perlu dicari, tapi kalau kita punya kesibukan selain nulis, kesibukan itu bisa jadi ide kita untuk menulis. Contohnya saya, saya suka bikin program, ngoding, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan website. Ketika saya membuat website dan belajar hal-hal yang baru, di situ juga saya memperoleh ide untuk mengisi hobi menulis saya. Ya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Banyak Orang yang Terbantu dengan Blog yang Anda Buat

Saat menulis, yakinkan bahwa Anda menulis tidak untuk diri Anda sendiri, tetapi ada orang lain yang akan membaca tulisan Anda, dan mungkin dia akan sangat terbantu dengan tulisan, tutorial, ataupun tips yang Anda tulis.

Oleh karenanya, selalu tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, jelas, dan mudah diikuti.

Terakhir nih

Terakhir, ingat lah kata-kata sharing is caring. Dengan melakukan share pengetahuan kita melalui blog, berarti kita telah peduli kepada semua orang. Insya Allah apa yang kita tulis meskipun sedikit bisa bermanfaat bagi orang lain

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *