Cara Menjadi Programmer Handal

Posted in Blog, , by Muhammad Fahmi Al Azhar

Untuk menjadi seorang programmer dibutuhkan usaha yang maksimal. Latihan rutin harus sering dilakukan untuk mengasah kemampuan dalam berpikir dan menuliskan instruksi dalam bentuk source code. Ada beberapa hal yang menjadi syarat untuk menjadi seorang programmer yang mahir, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pantang Menyerah

Di awal-awal belajar pemrograman, sifat inilah yang harus selalu dipegang teguh, karena tidak semua orang yang belajar pemrogaman dapat dengan mudah menguasai bahasa yang sedang ia pelajari. Pantang menyerah sampai akhir adalah karakter yang sangat baik. Dengan sikap tersebut, anda akan mampu menyeleseikan persoalan apapun dalam koding, debugging, dan deploying. Trial dan error menjadi hal yang biasa, jadi jangan menyerah!

Pengorbanan

Banyak hal yang harus dikorbankan untuk menjadi programmer handal, salah satunya adalah waktu tidur. Normalnya, manusia akan tidur antara 5-8 jam. Namun, waktu tersebut tidak berlaku bagi programmer. Seringkali seorang programmer hanya tidur dua jam sehari, apalagi ketika ada proyek yang harus dikerjakan.

cara menjadi programmer tips menjadi programmer handal belajar menjadi programmer

Membuka wawasan

Seorang programmer harus bersikap terbuka terhadap perkembangan teknologi. Teknologi selalu berkembang setiap saat. Dahulu mungkin kita kenal bahasa-bahasa pemrograman seperti pascal, fortran dan sebagainya. Seiring dengan berkembangnya waktu bahasa tersebut menjadi kurang populer. Mereka telah tergantikan dengan bahasa berorientasi objek seperti Java dan C#. Artinya, sebagai programmer kita harus mengetahui bahasa apa yang saat ini populer dan sesegera mungkin menguasainya.

Kenali platform

Mengenali platform yang dibidangi juga suatu keharusan, sebab itu adalah salah satu syarat untuk menjadi expert di bidang tersebut. Jika anda adalah seorang developer web, maka fokuskanlah latihan anda di pemrograman yang erat dengan website populer saat ini, misalnya PHP, HTML5.

Bikin program

Jangan harap menjadi jago programming jika belum pernah membuat aplikasi sampai jadi. Buatlah minimal sebuah program atau aplikasi dari pemrograman yang anda pelajari. Dengan demikian akan mempercepat keinginan anda untuk jago membuat program.

Semoga bermanfaat.

3 Responses to “Cara Menjadi Programmer Handal”

  1. [...] Posted on 20/12/2012 by azuharu [...]

Leave a Reply