Hati-hati Banyak Scam Beredar di Facebook

Sejak seminggu yang lalu, banyak teman-teman saya yang bertanya mengapa akun Facebook mereka sering mengirim message-message aneh, bahkan ada yang secara otomatis mengirim post di grup-grup yang mereka ikuti.

Ya, hal demikian memang semakin marak sekarang ini. Hari ini saja, yaitu tanggal 4 Januari 2013 ada lebih dari 3 teman saya yang mengirim/mengupdate status aneh ke grup. Jika dihitung-hitung, ada lebih dari 15 status aneh yang saya lihat hari ini.

Banyak Scam Beredar Facebook

Bagi pengguna jejaring sosial-Facebook, anda diharapkan selalu berhati-hati ketika menggunakan akun Facebooknya terutama ketika memainkan aplikasi yang ada di Facebook, bukan hal yang tidak mungkin jika aplikasi yang anda mainkan dapat mengakses akun Facebook tanpa sepengetahuan anda.

Ingat bahwa ketika anda memainkan aplikasi Facebook pertama kali, anda akan diberikan notifikasi bahwa aplikasi tersebut dapat mengepost ke akun anda meskipun tanpa sepengetahuan anda. Maka dari itu, pastikan aplikasi yang anda gunakan di Facebook adalah aplikasi yang benar-benar aman. Apalagi aplikasi-aplikasi tersebut selalu mengakses data pribadi anda.

Bukan hanya aplikasi Facebook, ketika anda mengunjungi website yang “mencurigakan”, anda juga harus berhati-hati ketika memberikan komentar, like dan sebagainya. ┬áBukan apa apa, ini hanyalah tindak preventif demi keamanan akun Facebook anda.

Ini adalah screenshot yang saya ambil, memang belum tentu scam, tapi yang jelas kawan-kawan facebook saya telah banyak yang menjadi korban.

facebook spam
Post Scam

 

Jika anda melihat hal yang sama, jangan sekali-sekali untuk mengeklik link dari status tersebut, karena bisa jadi anda korban selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

2 Comments


  1. Menurut EYD, “anda” itu ditulis “Anda”, karena sapaan. (Siap-siap untuk UAS BI)

    Mau nanya, itu kotak search km buat sndiri kah?

    Reply

    1. oh iya, haha
      itu bawaan widget wordpress nya, tinggal di pasang aja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *