Mengenal Teknologi USB On The Go (USB OTG)

Posted in Android, Featured, Tuesday, November 5th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

USB OTG adalah salah satu perkembangan dari USB yang telah dijelaskan pada post jenis-jenis USB. Memang, tidak banyak orang yang mengetahui tentang teknologi USB OTG ini.

Padahal, saat ini teknologi USB OTG telah banyak diterapkan pada smartphone. USB OTG kebanyakan diterapkan pada ponsel level mid-end sampai high-end.

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu USB OTG dan beberapa contoh smartphone yang telah mendukung teknologi USB OTG. Berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu USB OTG?

USB OTG atau yang merupakan singkatan dari USB On The Go adalah teknologi yang memungkinkan portable device (misalnya ponsel atau smartphone) untuk dapat berkomunikasi, melakukan transfer data secara langsung dengan menggunakan periferal USB (misalnya flashdisk).

Pada intinya, dengan menggunakan USB OTG ini, kita dapat mentransfer data dari smartphone ke flashdisk atau sebaliknya menggunakan kabel yang disebut dengan nama kabel USB OTG.

usb otg android

Logo USB OTG

USB OTG Android

Android yang merupakan salah satu sistem operasi smartphone yang sukses dipasaran juga mendukung penggunaan USB OTG. Tetapi hal itu juga tergantung dari device yang digunakan. Pada smartphone yang mendukung USB OTG, kita dapat melakukan transfer data dari flashdisk ke memory di smartphone atau sebaliknya. Bukan hanya itu, kita juga dapat menggunakan periferal lain seperti keyboard dan mouse untuk dihubungkan dengan smartphone.

Smartphone yang support USB OTG

Tidak semua ponsel atau smartphone support dengan USB OTG. Beberapa contoh smartphone yang mendukung USB OTG adalah sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy – Galaxy S-II, Galaxy S-III, Galaxy S-IV (varian classic, Zoom, Active), Galaxy Note, Galaxy Note-II, Note-III, Galaxy Note 8.0, Galaxy Note 10.1, Galaxy Note 10.1 2014-Edition, Galaxy Mega 6.3, Galaxy Nexus, Galaxy Nexus 10.1, Galaxy NX
  • Samsung Galaxy Tab – Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy Tab2 10.1 Inch, Galaxy Tab3 8.0 inch, Galaxy Tab3 10.1 Inch
  • Sony Ericsson Xperia – Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active
  • Sony Xperia – Xperia S, Xperia P, Xperia U, Xperia Sola, Xperia Ion, Xperia Go, Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, Xperia ZR, Xperia Z1, Xperia T, Xperia TX, Xperia V, Xperia SP, Xperia M (Single and Dual), Xperia Z1
  • HTC One – HTC One X Series
  • Huawei MediaPad – MediaPad S7, Mediapad S7 WiFi, MediaPad 10 FHD, MediaPad 7 Vogue
  • Huawei Ideos – Ideos S7 Fat/Slim
  • Acer Iconia – Iconia A500, A501, A700, A701
  • Ainol – Ainol Novo Paladine, Aurora II, Hero, Flame, Fire, Legend, Crystal, Rainbow, Dream, WaveTablet China, Taiwan, dan Lokal: Smartfren AndroTab Max (classic & new).

Saat ini, jumlah smartphone yang mendukung USB OTG semakin banyak, sehingga daftar di atas bukanlah data yang paling update apalagi kita ketahui bahwa smartphone yang baru keluar dipasaran selalu memiliki teknologi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan smartphone pendahulunya.

Sekian artikel mengenai USB OTG Android. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *