Tips Bagi Anda yang Merasa Xperia Lelet karena RAM Kecil

Bagi pengguna smartphone Android yang device nya hanya memiliki RAM dengan ukuran 512 MB barangkali sering merasa lelet. Bukan hanya lelet, tetapi fenomena HP sering nge-lag ketika membuka tutup aplikasi juga pastinya sering dirasakan. Hal ini hanya terjadi jika Anda adalah seserorang yang sangat aktif menggunakan aplikasi-aplikasi di Android secara bersamaan, entah itu karena pekerjaan, mengisi waktu luang, ataupun sekedar bermain game.

Saya sendiri yang menggunakan Xperia U dengan RAM 512 MB juga sering merasakan nge-lag pada HP. Terutama ketika melakukan aktivitas ngeblog, browsing, dan chat secara bersamaan. Wajar saja dengan OS Android ICS yang terinstall beberapa aplikasi pokok, saat booting selesai RAM yang tersedia kurang lebih hanya 100-an MB. Jika sudah memulai membuka aplikasi ini itu, seringkali RAM yang tersisa hanya 25 an MB. Bagaimana tidak ngelag kalau sudah seperti itu, mengetik keyboard saja susah, dan parahnya kadangkala HP sering restart sendiri karena tidak kuat membuka aplikasi hehe.

Tips Bagi Anda yang Merasa Xperia Lelet karena RAM Kecil

Berdasarkan pemaparan di atas, saya memiliki beberapa tips bagi Anda yang memiliki device Android dengan RAM kecil.

Meskipun judul post ini Xperia lelet karena RAM kecil, tapi tips ini tidak terbatas pada Xperia saja. Pokoknya kalau RAM nya hanya 512 MB, berarti Anda patut mencoba tips yang saya berikan ini:

Buang aplikasi yang tidak digunakan – Tips yang pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan. Jika ada aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan, sebaikanya hapus saja aplikasi tersebut.

Tutup aplikasi sepenuhnya – Cobalah untuk menekan dan tahan tombol “Home” atau tombol utama dari device. Tunggu beberapa saat maka akan keluar daftar aplikasi yang sebelumnya kita gunakan. Tutuplah aplikasi tersebut dengan cara menggeser ke kanan atau ke kiri, ataupun dengan tap tahan maka akan ada pilihan tutup. Supaya lebih jelas, baca postingan saya di cara menutup aplikasi Android.

Jika tidak demikian, maka RAM akan tetap terpakai untuk aplikasi tersebut, padahal kita bisa saja tidak menggunakannya lagi.

sony experia u terasa lambat setelah upgrade ke ics
Sony Experia U

Gunakan aplikasi untuk mengosongkan RAM – Ada banyak aplikasi semacam task manager yang dapat kita gunakan untuk mengosongkan RAM yang sedang penuh. Salah satu aplikasi tersebut adalah Clean Master. Dengan Clean Master kita dapat memberikan pengaturan kapan RAM akan diosongkan atau dioptimisasi sehingga kita dapat menggunakan HP dengan nyaman. Untuk review lengkap Clean Master silakan dibaca di tulisan berikut ini.

Nah, tiga hal di atas adalah cara simpel yang dapat Anda terapkan bagi Anda yang merasa HP sering lambat atau nge-lag karena RAM kecil.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *