Ternyata Begini Cara Close Aplikasi Android

Posted in Android, Thursday, February 27th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Hmm meskipun sudah lama pake Android, ternyata masih banyak fitur yang belum saya ketahui. Salah satunya adalah cara close aplikasi Android.

Sebagaimana yang kita ketahui, ketika aplikasi kita tutup, sebenarnya aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup. Aplikasi tersebut masih memakan resource device kita. Hal ini dapat kita lihat, ketika kita menekan dan tahan tombol home, ternyata masih terlihat aplikasi tersebut.

Akibatnya, ketika kita banyak menggunakan aplikasi, memori RAM akan terpakai seluruhnya dan device Android menjadi lambat.
Untuk benar-benar menutup aplikasi tersebut kita dapat menekan dan tahan tombol home kemudian akan muncul daftar recent aplikasi yang sebelumnya kita buka yang dapat kita remove from list.

Ketika sudah kita remove, maka memori kita tidak akan menyimpan recent aplikasi tersebut, atau setidaknya tidak akan memakan memori seperti sebelumnya.

Ternyata Begini Cara Close Aplikasi Android

Nah disinilah yang ternyata saya tidak tahu, biasanya ketika ingin menutup aplikasi yang saya lakukan adalah menekan dan tahan salah satu aplikasi yang ingin di remove. Ketika muncul pilihan remove from list, barulah dipilih.

close aplikasi android

Daftar aplikasi yang sebelumnya dibuka

Padahal, tanpa menekan dan tahan pun kita bisa meremove aplikasi tersebut. Caranya hanyalah dengan menggeser ke kanan atau ke kiri sampai recent aplikasi tersebut hilang.

cara menutup aplikasi di android

Geser ke kanan atau ke kiri untuk menutup aplikasi

Ketika teman saya tahu saya tidak tahu fungsi tersebut, kontan saja mereka tertawa hahaha. Dari sinilah saya sadar, bahwa ternyata masih banyak fitur di Android yang belum saya ketahui.

Lalu bagaimana dengan Anda? sudahkah Anda tahu atau malah belum tahu seperti saya?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *