Memilih Versi Android yang Tepat

JellyBean adalah versi terbaru Android saat ini. Namun, Gingerbread dan Ice Cream Sandwitch masih menjadi versi Android yang paling banyak digunakan oleh user.

Kebanyakan user akan mempertanyakan, apakah Android yang dimilikinya saat ini dapat di upgrade dengan versi terbaru. Banyak di antara mereka yang ingin melakukan upgrade tetapi kemampuan hardware ponsel tidak mencukupi.

Ya, Semakin tinggi versi Android yang digunakan, maka semakin tinggi pula kemampuan hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan Android tersebut. Maka dari itu, anda harus memilih versi Android yang tepat untuk ponsel anda.

Memilih Versi Android yang Tepat

Gingerbread adalah versi Android yang sangat stabil dan memiliki performa tinggi. Jadi bukanlah ide yang buruk jika anda tetap bertahan menggunakan Android dengan versi ini. Ditambah lagi, kebanyakan aplikasi Android didevelop dari Gingerbread, sehingga sudah pasti aplikasi yang beredar tetap memiliki kompabilitas yang tinggi.

Ice Cream Sandwitch jika dibandingkan dengan Gingerbread tentunya memiliki kelebihan yang signifikan, tetapi ICS membutuhkan sumber daya yang lebih banyak sehingga membutuhkan RAM yang semakin tinggi pula.

Bukan hanya konsumsi RAM yang meningkat di Android versi ICS, tetapi penggunaan hardware juga semakin tinggi terutama untuk menjalankan grafis di beberapa aplikasi sehingga menyebabkan baterei akan lebih cepat habis.

memilih versi android yang tepat
Gingerbread

Keterbatasan Memori

Bagi ponsel yang memiliki keterbatasan RAM, katakanlah hanya 500MB, menggunakan Android versi ICS bisa saja memberikan beban berat bagi ponsel meskipun ukuran RAM tersebut memenuhi requirement untuk menjalankan ICS.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan ICS dengan device Xperia U yang hanya memiliki RAM 500MB, sisa memori yang tersedia kurang lebih sekitar 30-40MB dengan aplikasi standar. Dengan sisa RAM sebesar itu, ponsel saya sering mengalami hang terutama ketika membuka Chrome ataupun browser yang lain. Padahal, membuka web browser di ICS membutuhkan 20-30MB lebih banyak daripada Android versi Gingerbread.

Penyebab Aplikasi Hang

Ketika sisa memori RAM semakin sedikit, maka sistem akan menutup proses yang sedang berjalan berdasarkan prioritas dari proses tersebut. Ketika user menjalankan aplikasi dan aplikasi tersebut membutuhkan proses yang telah ditutup sebelumnya, maka sistem akan melakukan restart terhadap proses yang tadi dijalankan. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi menjadi lambat. cmiiw

Kesimpulannya adalah, anda harus memilih versi yang cocok dengan hardware yang anda miliki. Hal ini dilakukan agar anda tetap merasa nyaman ketika menggunakan Android. Bagi saya, android versi Gingerbread jauh lebih baik dikarenakan keterbatasan RAM dan penggunaan saya terhadap ponsel yang selalu maksimal.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *