Beberapa Aplikasi Penting Android yang Wajib DiInstall

Posted in Android, Thursday, November 7th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Smartphone memungkinkan kita untuk memperlakukan handphone layaknya komputer berukuran mini. Seperti halnya komputer, smartphone juga dapat diinstall berbagai aplikasi untuk menunjang kebutuhan kita baik itu untuk keperluan pekerjaan ataupun keperluan komunikasi.

Di Android sendiri terdapat ribuan apps yang dapat diunduh dari Play Store. Namun, tidak semua aplikasi tersebut kita butuhkan. Ada beberapa aplikasi yang memang penting sehingga sudah seharusnya kita install pada smartphone Android yang kita miliki. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa aplikasi penting Android.

Aplikasi Penting Android

Berbicara tentang aplikasi penting Android, tentunya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda beda, Meskipun demikian, ada aplikasi yang memang setiap orang membutuhkannya, yaitu aplikasi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi.

Aplikasi Messenger

Aplikasi messenger adalah alternatif dari aplikasi Message yang biasa digunakan untuk melakukan SMS (Short Message Service). Perbedaannya, aplikasi messenger menggunakan koneksi internet untuk dapat berjalan. Beberapa aplikasi messenger yang dapat digunakan dengan gratis adalah Whatapps, Line, WeChat, Kakao Talk, dan masih banyak lagi.

Aplikasi messenger semacam ini akan memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi. Anda dapat mengirim gambar, audio, foto dan menggunakan berbagai macam emoticon yang disediakan di aplikasi tersebut.

aplikasi penting android

Opera di Android

Aplikasi Browser

Broser sudah tentu menjadi aplikasi wajib yang harus ada di smartphone Android, sebab apalagi yang dapat digunakan untuk menyentuh dunia tanpa batas “internet” kalau bukan browser. Di Android terdapat banyak sekali browser yang dapat Anda gunakan seperti Firefox, Google Chrome, Opera baik versi mobile maupun versi mini, Dollphin, dan masih banyak lagi.

Memang di dalam Android sendiri sudah terdapat browser bawaan. Namun, beberapa orang mengatakan tidak puas terhadap browser tersebut dan memilih untuk menggunakan browser pihak ketiga karena fiturnya yang lebih lengkap. Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih browser adalah kecepatan akses, kemampuan display halaman web, dan penggunaan bandwidth. Jika Anda menggunakan bandwidth koneksi internet yang terbatas, sebaiknya gunakan saja Opera Mini karena lebih menghemat bandwidth.

Aplikasi Email Client

Jika anda sering berkomunikasi menggunakan email, maka aplikasi email client wajib terinstall dalam smartphone Android anda. Beberapa apps yang dapat digunakan adalah Google Mail, dan Yahoo Mail. Google Mail biasanya sudah bawaan pada smartphone Android Anda, tetapi untuk Yahoo Mail biasanya belum terinstall sehingga Anda harus menginstallnya melalui Play Store.

Menggunakan Email Client juga akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi. Anda tidak perlu mengecek email secara manual untuk mengetahui apakah ada email baru atau tidak. Email Client tersebut  secara otomatis akan memberikan notifikasi layaknya SMS jika ada email baru yang masuk ke akun Anda, tentunya jika smartphone Android Anda terhubung dengan internet.

Aplikasi Office

Kelebihan dari Android adalah Anda dapat menambahkan aplikasi yang berguna untuk keperluan pekerjaan Anda. Dari mulai membaca file pdf sampai membuat dokumen, Android bisa melakukannya. Beberapa Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan ini adalah Quick Office, Documents to Go, Kingsoft Office, Smart Office, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *