Sharing Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Posted in Adsense, Wednesday, April 10th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Alhamdulillah ini adalah bulan ke tujuh saya bermain-main dengan Google Adsense.

Sekalian bernostalgia tentang perjuangan saya diterima di Google Adsense, saya akan menulis sedikit pengalaman yang saya alami ketika mendaftarΒ  Google Adsense ini.

Seperti yang kita ketahui, Adsense adalah salah satu cara kita untuk memperoleh penghasilan melalui iklan yang diletakkan di dalam website.

Jika ada pengunjung yang tertarik melihat dan melakukan klik terhadap iklan tersebut, maka sang pemilik website akan diberikan komisi oleh pemasang iklan. Besarnya komisi tiap klik tentu saja berbeda-beda tergantung keyword dari pengunjung.

Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Untuk memasang adsense di halaman website tentunya gampang-gampang susah, berikut ini adalah share dari pengalaman saya dengan Google Adsense.

Proses Membuat Blog

Sejak beberapa tahun yang lalu saya telah memiliki blog di WordPress dan suatu ketika saya berpikir bahwa menulis saja tidak cukup. Saya mulai berpikir bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari tulisan yang saya post di dalam blog.

Pada waktu itu internet masih merupakan hal yang mahal bagi saya, sehingga saya masih sangat kurang wawasan mengenai cara mendapat penghasilan di blog.

Usut punya usut saya tau bahwa salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan adalah melalui iklan.

Berhubung waktu itu saya menggunakan WordPress gratisan maka tidak mungkin bagi saya untuk memasang iklan di blog karena dapat melanggar ketentuan WordPress.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk membeli hosting dan domain sendiri, disitulah awal mula dari blog Azuharu ~ Another Dream ini.

Proses Mendaftar Adsense

Semenjak memiliki self hosting dengan domain Azuharu.net ternyata saya semakin jarang menulis. Hampir setahun blog ini terbengkalai hingga suatu ketika saya mulai merasa membutuhkan penghasilan tambahan di luar pekerjaan saya (nantinya).

Saat itu saya sudah memiliki modem dan koneksi internet sendiri, sehingga saya dapat mencari informasi dengan mudah dan akhirnya saya mengenal Google Adsense.

Banyak orang berbicara di forum atau blog bahwa mereka dapat memperoleh ratusan dolar dari Adsense setiap bulannya. Hal itu lah yang membuat saya semakin tertarik dengan Adsense.

Kemudian saya mencoba mendaftar Google Adsense dan hasilnya? Tentu saja ditolak karena blog Azuharu ini masih rendah kualitasnya.

Dengan berbekal niat dan usaha akhirnya saya sedikit demi sedikit memperbaiki blog ini baik dari segi desain, maupun dari segi tulisan.

Saya sudah tidak ingat lagi berapa kali mencoba dan ditolak oleh Google Adsense, kalau tidak salah ingat sih sekitar 3 atau 4 kali.

Hingga pada bulan Oktober 2012 alhamdulillah blog saya diterima oleh Google!

pengalaman mendaftar google adsense

Google Adsense Logo

Proses Verifikasi

Setelah berhasil diterima oleh Google Adsense, tentu saja saya tidak berhenti dari situ. Saya ingin bisa mendapat penghasilan ratusan dolar tiap bulannya, seperti cerita dari orang-orang yang saya dengar atau baca.

Hampir tiap hari saya menulis dan memperbaiki konten blog, dan hasilnya? Pengunjung blog ini semakin bertambah.

Tibalah saat ketika penghasilan saya mencapai $10 dan Google mengirimkan PIN yang digunakan untuk verifikasi identitas pengguna Google Adsense.

Proses verifikasi tersebut tidak berjalan dengan mulus, sebab saya harus menunggu selama tiga bulan hingga PIN tersebut sampai ke alamat rumah saya. Padahal waktu normal yang dibutuhkan adalah selama satu bulan.

Proses yang Dilakukan Saat Ini

Alhamdulillah saat ini saya sedang menanti pembayaran pertama Google Adsense. Semua itu tidak lepas dari kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh. Semoga saja hasilnya bisa maksimal.

Sekian pengalaman mendaftar google adsense dari saya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Mana tombol like di sini, Kang? Mana?

    Saya ikut berbahagia atas keberhasilan akang diterima di Adsense. Alhamdulillah. Saya sudah ditolak berulang kali oleh Google. Bisakah saya berkonsultasi kepada akang?

  2. Kang, itu dekteguh.com ada pesan:

    Fatal error: Call to undefined function wp() in /home/dekteguh/public_html/wp-blog-header.php on line 14

    Bagaimana cara melaporkan ke adminnya?

  3. Maaf mau tanya nih bagaimana standar traffic blog dan umur blog agar google adsense menerima blog kita sesuai dengan pengalaman agan?

    • azuharu says:

      sepengetahuan saya berdasarkan dari pengalaman saya dan teman, tidak ada syarat traffic dan umur blog, tapi tergantung dari kualitas content blog

  4. Nurul Inayah says:

    Tolong Jelaskan Bagaimana Caranya Daftar Adsesnse Dengan WordPress…?

    • azuharu says:

      syaratnya punya web dulu, setau saya ga bisa web dg domain .wordpress.com, harus domain sendiri, kemudian baru daftar Google Adsense

  5. Lufti says:

    Assalamualaikum saya mau tanya berapakah standar minimal postingan yang diterima google adsense menurut pengalaman anda?

  6. Saya pun sedang berjuang gan…ni tolakan ke 8.haduh haduh

  7. Wow thanks gan infonya, saya juga baru daftar google adsense mudah2an cepat keterima πŸ™‚ amin… salam kenal ya,.

  8. vannudin says:

    tolong beri pengarahan jga.,tentang blog saaya.

  9. makasih banyak dah sharing pengalamannya… ane jadi pengen nyoba ne adsense πŸ™‚

  10. Sunandar says:

    wah terima kasih mas sudah share.. kalo daftar adsense itu umurnya harus 18 tahun ya?

  11. Kakak, saya tidak mengerti bagian ini
    “Proses verifikasi tersebut tidak berjalan dengan mulus, sebab saya harus menunggu selama tiga bulan hingga PIN tersebut sampai ke alamat rumah saya.”

    maksudnya PIN sampai ke alamat rumah itu apa? apakah google mengirimkan sesuatu lewat pos atau gimana? mohon bimbingannya soalnya saya juga baru beli hosting dan domain

  12. Itu PIN harus segera diverifikasi ya? bolehkan memverifikasinya kapan-kapan selama uangnya belum mau diambil, misalnya dua tahun kedepan?

    Oh iya itu cara ganti foto profile di CMS WordPress gimana? kok aku cari di setring profile tidak ada pilihan untuk upload foto profile, aku pakai CMS wordpress terbaru (Lupa versi berapa) ^_^

  13. DoubleClick itu sama dengan adsense gak (http://www.google.com/doubleclick/) dan apakah persyaratannya serumit adsense?